Home / Pojokan

Kisah Ramayana Fiktif ? Ini Kata Peneliti Tentang Legenda Ini.

Senjahari.com - 28/08/2018

Kisah Ramayana

Penulis : Dinda Pranata

Kisah ramayana pasti akan membuatmu teringat cerita romeo dan juliet versi India. Kisah ini menceritakan kisah cinta dan perjuangan yang kaya akan nilai filosofi serta nilai budayanya. Tidak sedikit orang yang menganggap ini hanya sekedar cerita kepahlawanan ada juga yang beranggapan bahwa kisah ramayana ini benar adanya. Bagaimana para peneliti ini membuktikannya ?

Kisah Ramayana Dalam Sejarah

aRsi Valmiki menulis kisah Ramayan pada abad ke 5 SM tentang kisah pengasingan dan kembalinya Rama (Raja Ayodya) serta kisah cinta antara Rama dan Sinta sendiri. Kisah ini kaya akan nilai budaya, filosofi hidup dan nilai kebajikan tentang tanggungjawab akan tugas-tugas.

The Ramayana is an ancient Indian epic, composed some time in the 5th century BCE, about the exile and then return of Rama, prince of Ayodhya. It was composed in Sanskrit by the sage Valmiki, who taught it to Rama’s sons, the twins Lava and Kush.

Banyak pihak yang mempertanyakan apakah Rama itu nyata atau sekedar tokoh cerita. Beberapa pihak menyangkal bahwa tokoh rama adalah nyata seperti yang R P Tripath, professor dari Sejarah kuno Universitas Allahabad pernah katakan bahwa sejarah itu harus memiliki bukti yang jelas. Selain itu, Ia menambahkan bahwa jika tempat yang menjadi latar belakang dari kisah tersebut nyata, tapi masih belum bisa membuktikan bahwa Sri Rama nyata. Kisah itu sudah merupakan bagian dari kesadaran masyarakat dalam kurun waktu yang lama. Hingga saat ini banyak peneliti yang ingin mencari tahu jawaban apakah kisah Rama dan Sinta itu memang cerita sejarah.

Kisah Yang Menjadi Tantangan Tersulit Bagi Peneliti

Arkeolog yang mencari kebenaran kisah ramayana menganggap bahwa pengungkapan kisah ini merupakan yang paling sulit. Penemuan yang begitu banyak tentang bukti lewat ritus-ritus kuil, hal itu belum menjadi bukti yang cukup bahwa tokoh rama adalah tokoh nyata. Bahkan dengan menggunakan teknologi, pembuktian kepastian kisah ramayana masih menjadi tantangan tersendiri.

Baca juga: Pandangan Weda Tentang Ibu Yang Bekerja Di Luar. Mau Tahu?

The problem of dating the Ramayana and Mahabharata is a difficult one, as the texts are syncretic and accretive. The dates recreated by astronomy software cannot be taken as definitive since we do not know whether the verse being dated was part the original core or if it was added later, says Subhash Kak, who teaches at the department of electric and computer engineering at Louisiana State University, and has worked on the history of Indian science. – huffingtonpost.in

Walau kisahnya yang masih diteliti kebenaran ritus sejarahnya, namun kisah ini masih sangat digemari. Dunia sastra kuno masih menjadi tantangan bagi para peneliti, terutama dalam memecahkan kisah ramayana sendiri. Apakah kamu mau membantu peneliti menemukan jawabannya ?

Source:
https://www.huffingtonpost.in/open-magazine/the-epic-riddle-of-dating_b_7669636.html
https://www.ancient.eu/The_Ramayana/
https://timesofindia.indiatimes.com/india/For-historians-Ram-remains-a-myth/articleshow/2367074.cms

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

*

*

Post comment