Home / Koridor

Sejarah Kimchi Yang Ternyata Sudah Ribuan Tahun. Ada Yang Tahu?

Senjahari.com - 12/11/2018

Sejarah kimchi
Sejarah Kimchi Yang Ternyata Sudah Ribuan Tahun. Ada Yang Tahu?.

Penulis : Editor

Sejarah kimchi ini buat orang di luar Korea mungkin sangat asing. Walau sejarahnya asing, makanan termasuk makanan yang paling terkenal di belahan dunia karena rasanya yang khas antara asam, asin dan pedas. Orang Korea sering memakan kimchi dengan olahan kuliner lain seperti mie, nasi, dan soup serta makanan lain. Sama seperti Jepang yang memiliki sushi sebagai makanan khasnya. Korea memiliki kimchi sebagai makanan khas negaranya. Tapi bicara sejarah, bagaimana sih sejarah dan alasan orang korea membuat kimchi ini?

Kimchi Dan Masa Kerajaan Korea

Keberadaan kimchi sudah ada sejak adanya 3 kerajaan besar di korea yaitu Goguryeo, Baekje dan Silla. Sebuah buku literartur cina menyebutkan orang Korea sudah hampir 3,000 tahun yang lalu mengenal kimchi. Pada masa itu untuk mengawetkan makanan pada musim dingin tidak lah mudah, sehingga orang-orang korea menggunakan garam untuk mengawetkan makanan dan sayuran agar bisa bertahan selama musim dingin. Makanan ini juga sering tertulis dalam literatur korea.

Puisi korea yang menuliskan tentang kimchi pertama kali ada pada masa dinasti Goryeo (918-1392). Puisi tersebut milik Lee Kyu-bo  yang menjelaskan bahwa pengawetan makanan bernama kimchi dengan pasta kedelai merupakan makanan yang nikmat pada musim panas dan makanan yang baik pada musim dingin. Pada masa ini lah macam-macam isian mulai banyak variannya dalam pembuatan kimchi seperti tambahan lobak, wortel dan lainnya.

Kimchi terus berkembang pada masa dinasti Joseon (1392-1910). Pada masa ini kimchi diolah dengan tambahan saus kedelai dan juga tambahan bumbu yang lain. Pada masa ini juga kimchi mulai beraneka ragam jenis seperti Jjagaji (kimchi dengan pasta kedelai), kimchi berkuah, kimchi yang difermentasi dengan garam dan yang tanoa garam.

Sejarah Kimchi Dan Penelitian Tentang Manfaat Dari Belahan Dunia

Sejarah kimchi yang panjang ini membawa banyak perubahan pada cara membuat dan banyaknya variasi dari makanan ini. Kimchi saat ini merupakan salah satu makanan korea yang menjadi ikon dari budaya kuliner di Korea. Bahkan ketika meluaskan budaya K-pop di seluruh belahan dunia, membuat nama makanan satu ini ikut terkenal di seluruh dunia.

Baca juga: SOS-Cerita Sebuah Kode Unik Penyelamatan.

Sebuah artikel dari Universitas Hanyang Korea pernah menuliskan bahwa kimchi ini banyak mengandung vitamin C dan karoten yang bagus untuk tubuh. Selain itu manfaat dari makanan kimchi yang kaya akan jenis sayuran ini bagus untuk sistem pencernaan, dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh karena kaya akan bahan alami dalam proses fermentasinya.

Pada sebuah jurnal tahun 2014 menjelaskan bahwa makanan tradisional ini bisa menjadi altenatif pencegahan kanker, obesitas, pencegahan kolesterol dan manfaat kesehatan lain. Kimchi yang kaya akan bahan alami dalam proses fermentasi seperti jahe, bawang, dan juga cabai serta sayuran sebagai bahan utamanya membuat makanan fermentasi ini sehat untuk dikonsumsi.

Kalian yang menggemari makanan korea sudah makan kimchi atau belum nih?

Bagi kalian yang memiliki pertanyaan seputar wawasan dunia, bisa ditanyakan di kolom komentar dibawah ini. Pertanyaan kalian akan kami bantu untuk cari jawabannya. Siapa tahu pertanyaan kalian membuka wawasan baru bagi banyak orang.

Source:
medium.com
zenkimchi.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

*

Post comment

Comment

Ping-balik: #Resensi Komik Golongan Darah-Benar Tidak Sih Sifat Golongan Darah Ini? – Dinda Pranata

1 Response