Home / TanyaKenapa

TanyaKenapa-Air Panas Cepat Membeku Dibanding Air Dingin. Apa Benar?

Senjahari.com - 19/03/2019

Air Panas Cepat Membeku

Penulis : Dinda Pranata

Mustahil jika dilihat bahwa air panas cepat membeku dibanding dengan es batu. Nyatanya dalam penelitian dibuktikan bahwa air panas lebih cepat membeku dibandingkan air es. Jika dilihat secara kasat mata hal ini mungkin dirasa tidak mungkin, tapi ilmu pengetahuan memiliki jawabannya. #TanyaKenapa akan membahas bagaimana fenomena ini terjadi.

Hasil gambar untuk hot water can freeze faster than cold water
Air panas cepat beku ? by https://zidbits.com

Misteri Fenomena Mpemba

Fenomena ini ditemukan oleh seorang siswa dari Tanzania bernama
Erasto Mpemba di tahun 1963 yang sedang melakukan uji coba dalam kelas memasak. Oh ternyata bukan dikelas kimia atau fisika lho! Di kelas itu ia menemukan bahwa campuran es krim panas lebih cepat membeku daripada campuran es yang masih dingin. Fenomena ini diambil dari nama penemu kondisi ini yang kemudian ia tanyakan kepada gurunya Dr. Osborn. Gurunya tersebut membawanya ke laboratorium untuk dilakukan pengujian dan diterbitkan dalam jurnalnya.

Fenomena Mpemba ini terjadi karena adanya perbedaan suhu benda atau senyawa yang menyebabkan senyawa atau benda yang berada pada suhu tinggi cenderung lebih cepat mengalami pembekuan. Salah satu faktor yang menguatkan fenomena unik air ini adalah Evaporasi atau penguapan. Ketika air panas ditempatkan dalam wadah lain mulai dingin, maka massa dari air tersebut akan berkurang akibat penguapan sehingga waktu yang dibutuhkan untuk membekukan air lebih sedikit.

Namun, banyak peneliti yang menyangkal bahwa kondisi ini terjadi akibat dari penguapan. Sebagian peneliti lain mengatakan bahwa kondisi ini terjadi akibat dari wadah yang tertutup sehingga tidak mengalami penguapan. Gas dalam proses pendinginan membantu air panas yang tertutup mempercepat proses pembekuan. Anehnya, Fenomena ini hampir jarang terjadi saat dilakukan di laboratorium sehingga peneliti kesulitan dalam melakukan penelitian lanjutan untuk fenomena Mpemba ini.

Terkait #TanyaKenapa :
TanyaKenapa – Alasan Mengapa Teh Dan Kopi Dijadikan Minuman Pagi Hari.

Alasan Air Panas Lebih Cepat Membeku

Sebuah penelitian lanjutan mengenai mengapa air panas lebih cepat membeku, dilakukan di Universitas Nanyang Singapura di tahun 2013. Berdasarkan pada penelitian itu dikatakan bahwa adanya efek perubahan suhu dari badan air yang hangat dan ikatan antar molekul air secara keseluruhan berubah dalam menanggapi suhu. Jika ikatan hidrogen ke hidrogen pecah dalam air hangat, yang mengarah ke peningkatan perubahan suhu, maka masing-masing molekul dapat mempercepat pengkristalan es daripada jika perubahan suhu harus berjalan pada jaringan ikatan hidrogen yang sudah ada.

Baca juga: TanyaKenapa - Alasan Mengapa Teh Dan Kopi Dijadikan Minuman Pagi Hari.

Namun, sekali lagi penelitian ini masih berupa hipotesis karena masih ada banyak faktor yang menyebabkan penelitian ini jarang sukses. Kondisi laboratorium, Senyawa dalam air (Murni atau air perobaan terdapat kandungan lain), dan faktor eksternal lain. Sehingga penelitian ini masih perlu digali lebih dalam. Dari hipotesa terakhir sedikit lebih masuk akal dibandingkan dengan yang sebelumnya.

Apa kamu mau menjadi bagian dari penelitian ini ?

Bagi kalian yang memiliki pertanyaan seputar wawasan dunia, bisa ditanyakan di kolom komentar. Tim akan membantu mencari jawabannya. Siapa tahu pertanyaan kalian akan membuka wawasan banyak orang.

Source:
https://cosmosmagazine.com/physics/mystery-solved-why-hot-water-freezes-faster-than-cold
https://gizmodo.com/weve-finally-figured-out-why-hot-water-freezes-faster-1455906029
https://curiosity.com/topics/hot-water-can-freeze-faster-than-cold-water-and-we-dont-know-why-curiosity/

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

*

Post comment

Comment

Sangat mustahil

Ping-balik: #TanyaKenapa Orang Kurang Kompeten Bisa Kepedean. Ada Yang Tahu ?
Ping-balik: #TanyaKenapa Kita Meniup Lilin Saat Ulang Tahun. Ini Alasannya !
Ping-balik: #TanyaKenapa Kembang Api Ada Di Kemeriahan Acara ? Ini Ceritanya!
Ping-balik: #Tanya Kenapa Lambang Swastika Menjadi Lambang Nazi Jerman ?
Ping-balik: #TanyaKenapa Angka 13 Dianggap Sial ?
Ping-balik: #TanyaKenapa Laut Berwarna Biru?
Ping-balik: #TanyaKenapa – Kok Akhir-Akhir Ini Wilayah Indonesia Panas Banget!
Ping-balik: #TanyaKenapa – ABRACADABRA Jadi Mantra Untuk Sulap. Darimana Asalnya ?
Ping-balik: #TanyaKenapa – Galaksi Disebut Milky Way ?
Ping-balik: #TanyaKenapa – Air Laut Itu Asin. Apa Benar Ada Garamnya ?
Ping-balik: #TanyaKenapa-Kita Tidak Bisa Melihat Udara. Apa Penyebabnya ?
Ping-balik: #TanyaKenapa – Tetesan Hujan Memiliki Banyak Bentuk. Ada Yang Tahu? – Dinda Pranata
Ping-balik: #TanyaKenapa – Planet Venus Menjadi Planet Terpanas Di Banding Planet Merkurius. Alasannya Mengejutkan! – Dinda Pranata

14 Responses