Home / TanyaKenapa

Tanya Kenapa-K Memiliki Arti Ribuan? Ini Asalnya!

Senjahari.com - 05/05/2020

k untuk ribuan

Penulis : Dinda Pranata

K untuk ribuan ternyata sering kita lihat di beberapa labal harga, baik di harga menu makanan atau pakaian sekali pun. Hampir banyak restoran modern hingga tulisan diskon di beberapa pusat perbelanjaan memasang singkatan huruf ini pada harga barang mereka seperti 10K, 25K, dan lainnya. Darimana asal singkatan kata ini dan mengapa menggunakan huruf ini untuk ribuan ya?

“K” Resapan Kata dari Bahasa Yunani

Penyingkatan ribuan menjadi K sebenarnya terjadi pada zaman modern yang tujuannya untuk mempersingkat penulisan. Apalagi ketika menggunakan mesin yang mana terkadang terdapat pembatasan karakter huruf, maka penyingkatan ini bisa menguntungkan. Asal singkatan K berasal dari Yunani yang berarti Chilioi atau ribuan.

Kemudian bahasa Perancis mengambil dari bahasa Yunani ini dan menjadikannya kata kilo. Satuan dari bahasa perancis ini lalu orang mengenalnya sebagai satuan metrik. Contohnya satuan metrik yang menggunakan kilo seperti kilometer, kilogram, kiloliter, dan yang lainnya. Lalu, satuan sistem internasional (SI) mengesahkan huruf ini menjadi satuan kilo secara internasional. Itulah asal arti K dalam ribuan. Lalu mengapa tidak menggunakan kata Thousand ya?

Makna Ganda T dalam Thousand

singkatan k dalam harga
Singkatan K dalam Harga

Dalam bahasa inggris mengartikan ribuan dengan kata thousand, tetapi tetap dalam penulisannya menggunakan huruf k (huruf kecil). Jika menggunakan huruf dengan dari T, maka bisa memunculkan makna ganda dari huruf T itu sendiri. Memang apa sih arti T itu? Singkatan T dalam satuan metrik memiliki arti Tera. Oleh karena itu, untuk membedakannya maka standart internasional menggunakan k (huruf kecil) sebagai singkatan ribuan.

Lalu, di zaman digital ini semua orang menggunakan penyingkatan ini untuk lebih menghemat ruang dan waktu dalam mengetik. Siapa yang mau repot-repot mengetik panjang lebar untuk menuliskan ribuan jika bisa disingkat dengan satu huruf saja? Oleh karena itu, pengguna internet dan komputer secara tidak langsung mengikuti penyingkatan ini termasuk dalam menuliskan daftar harga. Jadi arti k untuk ribuan bukan hanya sekedar penyingkatan ya.

Baca juga: Tanya Kenapa-Bunga Matahari Menghadap ke Timur?

Adakah yang sudah mengetahui hal ini? ataukah justru ada informasi tambahan dari temen-temen nih! Bisa lho kalian berbagi di kolom komentar!

Source:
medium.com
quora.com
reference.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

*

*

Post comment