Home / TanyaKenapa

Tanya Kenapa-Ayam Berkokok? Tidak Berhubungan dengan Mitos!

Senjahari.com - 09/06/2020

Ayam Berkokok

Penulis : Dinda Pranata

Kalau bangun di pagi hari, kita pasti sering mendengar suara ayam berkokok. Bahkan beberapa tempat ada orang yang menggunakan jam ‘ayam’ untuk menunjukkan waktu. Seperti daerah pedesaan, pegunungan atau orang yang sering bersentuhan dengan alam lebih banyak menggunakan jam ayam ini untuk beraktifitas seperti bangun atau selesai bekerja. Lalu, TanyaKenapa ayam bisa berkokok tepat di pagi hari?

Ayam pun Memiliki Pola Sirkadian!

Jam sirkadian atau jam internal tubuh tidak hanya milik manusia, nyatanya hewan seperti ikan, beruang, bahkan ayam pun memilikinya. Sebuah penelitian dari sekelompok peneliti unggas di Universitas Nagoya di Jepang yaitu Takashi Yoshimura dan Tsuyoshi Shimura menghasilkan kesimpulan yang cukup mengejutkan. Pasalnya penelitian ini menunjukkan bahwa ayam memiliki jam sikardian layaknya manusia. Kedua peneliti ini meletakkan sekelompok ayam di bawah lampu yang terang dan temaram selama 14 hari berturut-turut.

Dari hasil penelitian tersebut, ayam akan berkokok tetap berkokok saat fajar walau peneliti meletakkannya di bawah cahaya yang terang terus-menerus. Ini membuktikan bahwa ayam memang memiliki jam sirkadian yang sama sehingga membuatnya tetap berkokok dan tidak terlalu terpengaruh faktor eksternal.

“Aku Berkokok Bukan Karena Mitos!” Seru Ayam

Alasan Ayam Berkokok
Alasan Ayam Berkokok

Dalam penelitian lanjutan dari peneliti Universitas Nagoya tersebut juga menemukan bahwa ada faktor eksternal lain seperti keberadaan burung gagak atau burung lain menyebabkan mereka berkokok pada malam hari atau siang hari. Berkokok menajdi semacam sinyal yang menunjukkan wilayah teritorial mereka dari kawanan lain.

Kokok ini juga memberikan sinyal pada sekolompok kawanan ayam untuk melindungi diri jika ada predator yang ingin memangsa mereka. Dari semua tingkatan ayam, dari ayam jantan biasa hingga ayam jago menunjukkan bahwa ayam jago memiliki tingkat sensitifitas tinggi terhadap waktu dan ancaman. Oleh karena itu, Ayam jago biasanya akan berkotek lebih keras daripada dengan ayam jantan biasa.

Baca juga: Tanya Kenapa-Ada Istilah Black Friday Untuk Hari Diskon?

Jika ayam berkotek di malam hari sering dikaitkan dengan mitos, maka ilmu pengetahuan menjawab alasan mengapa ayam berkokok di luar mitos-mitos yang berlaku. Siapakah yang masih percaya mitos tentang ayam berkotek?

Source:
livescience.com
nationalgeographic.com
thejakartapost.com
thehappychickencoop.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

*

*

Post comment