Home / Serambi

Danau Polkadot, nggak Percaya Ada Danau Ini?

Senjahari.com - 17/06/2020

Danau Polkadot

Penulis : Dinda Pranata

Danau Polkadot? saat mendengar namanya terasa aneh bukan? Biasanya danau berwarna hijau, biru atau coklat. Tapi danau ini memiliki warna dan bentuk air yang tidak datar seperti kebanyakan danau. Pada musim panas yang terik danau ini akan berubah bentuk menjadi polkadot. Lantas apa sebab bentuknya menyerupai polkadot?

Sejarah Kelam si Polkadot

Danau yang terletak di kawasan perbukitan Osoyos di British Columbia negara Kanada ini menyuguhkan pemandangan yang tak biasa dari sebuah danau. Air Danau yang biasanya berwarna cerah atau gelap secara umum, namun danau ini justru berbentuk polkadot pada airnya. Hal ini membuat danau polkadot di wilayah ini selalu menarik wisatawan untuk melihat terutama pada saat musim panas.

Di balik keunikan dari air danaunya, nyatanya danau ini memiliki kisah kelam pada kisahnya. Menurut British Columbia Visitor Center, danau ini sejak berabad-abad lamanya dianggap sebagai danau yang suci oleh bangsa Okanagan. Setiap warna pada spotnya memiliki khasiat tersendiri untuk menyembuhkan berbagai penyakit. Oleh penduduk awal danau ini memberi nama Kliluk.

Namun pada perang dunia I, danau ini menjadi tambang mineral untuk pembuatan amunisi. Penambang akan mengambil sebanyak 1 ton mineral setiap harinya dan berdasarkan informasi dari visitor center sebelum penambangan itu warna pada spotnya terlihat lebih bervariasi dan terlihat lebih indah.

Penyebab Danau Ini Berbentuk Polkadot.

Ilustrasi Danau
Ilustrasi Danau

Danau ini terletak di Daerah Lindung Okanagan Selatan. Untuk mencapai danau, ikuti Highway 3 barat dari Osoyoos sejauh 10 km. Di danau ini, sudah terpasang rambu-rambu larangan untuk mandi atau berenang walau diketahui memiliki khasiat. Hal ini dilakukan agar situs budaya dan cagar alam tetap terjaga.

Danau Polkadot adalah danau kecil yang kaya akan berbagai mineral, termasuk kalsium, natrium sulfat dan magnesium sulfat. Pada musim panas banyak air di danau menguap dan meninggalkan konsentrasi mineral ini yang membentuk bintik-bintik yang terlihat di danau. Sepanjang musim panas, bintik-bintik bergeser dalam bentuk ukuran dan warna yang berbeda tergantung dari kadar mineral di setiap spot atau lingkarannya. Ada spot yang berwarna hijau, kuning hingga biru.

Jadi bagi yang ingin mengunjungi danau ini siapkan tabungan mulai sekarang ya!

Source:
hellobc.com
atlasobscura.com
mnn.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

*

*

Post comment