Home / Koridor

Pertempuran Yamazaki-Pertempuran yang Menginspirasi Game

Senjahari.com - 02/07/2020

Pertempuran Yamazaki

Penulis : Dinda Pranata

Banyak sekali jenis-jenis game online dan RPG yang terinspirasi dari perang-perang yang terjadi di masa lalu. Salah satunya adalah perang yamazaki yang terjadi pada 2 Juli 1582 di Yamazaki, Kyoto, Jepang, Perang ini nampaknya menginspirasi budaya populer yaitu game seperti Samurai Warriors, The Conquerors, dan yang lainnya. Lalu, bagaimana koridor akan menjelaskan seperti apa perang ini?

Berawal dari Penggulingan Kekuasaan Oda Nobunaga

Ketika Oda Nobunaga yang merupakan penguasa Jepang pada masa itu sedang menikmati istirahatnya di kuil Honoji, ia tiba-tiba diserang oleh seorang pengabadinya bernama Akechi Mitsuhide. Mitsuhide meminta Nobunaga untuk melakukan seppuku atau bunuh diri yang terkenal pada masa samurai dengan membelah perut sebelah kiri. Setelah Nobunaga melakukan seppuku, Mitsuhide kemudian mengambil alih kekuasaan dan pasukan Nobunaga di wilayah sekitar Kyoto.

Saat itu samurai kepercayaan Nobunaga, Toyotomi Hideyoshi sedang terlibat dalam Pengepungan Takamatsu melawan klan Mori. Saat Nobunaga terbunuh, seorang kurir mengantarkan pesan Mitsuhide untuk melakukan persekutuan untuk menghancurkan Hideyoshi. Sayangnya, pesan itu tidak sampai pada klan Mori sehingga Hideyoshi bersama dengan pasukannya bisa menggagalkan upaya persekutuan itu dan meraih perjanjian damai dengan klan itu.

Hideyoshi Kemudian menempuh perjalanan sepanjang 40 Km selama satu hari dan sempat menginap di puri Himeji di Osaka Jepang. Di Osaka itu Niwa Nagahide dan Oda Nobutaka bergabung dengannya untuk membalaskan dendam dan merebut kekuasan Mitsuhide yang sebenarnya milik Oda Nobunaga. Saat itu Mitsuhide menguasai dua puri yaitu Shoryuji dan puri Yodo di wilayah Yamazaki. Ia merasa bahwa posisinya cukup menguntungkan karena ada di antara sebuah sungai dan gunung.

Baca juga: Lorong Waktu-Epidemi Athena. Penyebab Epidemi Yang Masih Menjadi Misteri!

Taktik Perang yang Cerdik

Berkat kecerdikan Hideyoshi, ia tidak ingin terkecoh dengan permainan Mitsuhide dengan mengarahkan semua pasukan ke Yamazaki. Ia memutuskan untuk mengendalikan jalan akses ke Kyoto di daerah Gunung Tennozan yang merupakan wilayah strategis. Ia mengirim satu kompi pasukan di bawah komando Nakagawa Kiyohide untuk mengamankan daerah tersebut sedangkan dirinya memimpin pasukannya menyerang Yamazaki.

Esok harinya pasukan Hideyoshi sudah berbaris di tepi sungai Enmyouji berhadapan dengan bataliyon pasukan Mastsuhide yang lain. Pasukan samurai di bawah Matsuda Masachika dan Nabika Kamon membantu Matsuhide, menuju gunung tenno. Mereka sebenarnya tidak tahu bahwa pasukan Hideyoshi juga sudah ada di sana. Semua pasukan Hideyoshi menyerang pasukan dari Mitsuhide dari Gunung Tennozan dan juga sungai Enmyouji yang menyebabkan pasukan Mistuhide kocar kacir dan kalah.

Kepanikan melanda Mitsuhide yang berhasil dipukul mundur oleh Hideyoshi. Mitsuhide mundur dan melarikan diri ke desa Ogurusu dan pada akhirnya dibunuh oleh kawanan bandit di sana. Akhirnya Hideyoshi memegang kekuasaan setelah mengalahkan Mitsuhide dan menggantikan Oda Nobunaga.

Source:
samurai-world.com
hayakawajunpei.tumblr.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

*

*

Post comment