Home / Serambi

Tanaman Menari, Memang Ada? Ternyata Tidak Hanya Manusia Yang Bisa Menari!

Senjahari.com - 08/07/2020

Dancing Plant

Penulis : Dinda Pranata

Mendengar nama tanaman berikut membuat kita merasa takjub lho. Tidak hanya manusia yang bisa menari, nyatanya tumbuhan dengan nama Dancing plant ini bisa bergoyang saat tanaman ini mendengar musik. Tanaman Dancing plant atau tanaman menari ini pun ada dalam catatan buku charles Darwin yang terkenal dengan teori evolusi manusia. Lalu, bagaimana sih tumbuan ini bisa menari?

Dancing Plant Adalah Tanaman Tropis.

Tanaman menari ini memiliki nama latin Codariocalyx motorius atau telegraph plant. Tanaman ini banyak tumbuh di wilayah tropis Bangladesh, Bhutan, Kamboja, Cina, India, Indonesia dan beberapa wilayah tropis di Asia. Tanamn ini perkembangannya dari benih cukup lambat sekitar 90 hari, namun jika kondisi suhu dan media tanamnya sesuai ia pun bisa tumbuh dalam waktu 10 hari.

Pada tahun 1779 seorang dokter Belanda bernama Maarten Houttuyn menemukan tumbuhan menari ini dan memberinya nama Hedysarum motorium. Tanaman ini menjadi lebih terkenal ketika tahun 1873, Charles Darwin menuliskan tanaman ini sebagai tanaman yang aneh dan tidak bisa tidur. Charles Darwin kemudian menghabiskan waktu selama 20 tahun meneliti dan menulis tentang tanaman menari ini yang akhirnya mencetak penelitian dalam The Power of Movement in Plant.

Organ Penggerak Yang Masih Menjadi Misteri.

Beberapa peneliti tumbuhan masih meneliti penyebab tumbuhan ini bergerak jika terdapat bunyi di sekitarnya. Beberapa hipotesis terkait dengan tumbuhan ini antaranya mengatakan bahwa tumbuhan ini menari bertujuan untuk menarik mangsa, ada juga yang mengatakan bahwa tanaman ini melakukan tarian sebagai bentuk pertahanan untuk menghalau herbivora yang hinggap, ada juga hipotesis yang mengatakan bahwa ia melakukan gerakan untuk meningkatkan paparan sinar matahari yang mana akan meningkatkan suhu pada tumbuhan ini.

Baca juga: Pulau Kaimana Papua - Surga Tersembunyi Di Timur Indonesia.

Tanaman ini bisa menari karena di dasar daunnya ada sebuah cincin sel yang disebut “pulvinus.” Pulvinus ini bertindak seperti balon air yang bekerja untuk memindahkan air masuk dan keluar melalui osmosis. Proses osmosis ini yang menyebabkan sel membengkak atau mengempis dan membuat daun dari tumbuhan ini seolah-olah sedang menari.

Jadi tanaman ini nyatanya bukan menari seperti yang dilakukan manusia ya. Ternyata apapun sebutannya, tanaman ini nyatanya bisa melambai-lambai layaknya manusia. Adakah yang sudah tahu atau pernah melihat tanaman ini?

Source:
gardeningknowhow.com
indefenseofplants.com
gardencollage.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

*

*

Post comment