Home / Teras

Hiraeth, Sebuah Kata Indah Tentang Rindu!

Senjahari.com - 08/05/2021

Hiraeth, Sebuah Kata Indah Tentang Rindu!.

Penulis : Editor

“Hiraeth for my parent story.” Kata Kiana saat berbincang dengan teman asal wales-nya ketika ia mendengar kisah cinta kedua orangtua temannya itu. Sejenak Kiana merindukan kedua orang tuanya yang sudah meninggal. dan memiliki kisah yang hampir serupa dengan kedua orang tua temannya. Merindukan seseorang atau tempat tertentu kadang menyisakan ruang tersendiri dalam hati. Banyak orang yang mungkin mengalami sepenggal perasaan Kiana. Lalu, apa kata Hiraeth pada ucapan Kiana? dan tahukah kalian hiraeth menjadi salah satu kata indah dalam literasi?

Hiraeth, Sebuah Kata Untuk Perasaan.

Awalnya ketika Inggris menduduki wilayah wales, bangsa Inggris sangat mencela orang-orang Wales sebagai bangsa yang tidak bermoral dan bodoh. Setidaknya hal itu tertulis pada buku laporan mengenai pendidikan berjudul Treason of the Blue Books yang terbit tahun 1847. Namun seorang penyair, sastrawan dan budayawan Matthew Arnold memberikan gambaran lain tentang bangsa Wales.

Menurut profesor Dr Marion Loeffler, Matthew Arnold menggambarkan bangsa Wales dengan lebih terhormat dan lebih baik. Berbeda dengan bangsa Inggris yang mengatakan bahwa Bangsa Wales bodoh dan tidak terpelajar. Hal itu terjadi karena tidak meratanya sistem pendidikan saat Inggris menjadikan Wales sebagai negara bagiannya. Bagi bangsa Inggris saat itu bahasa Wales sangat kampungan. Sejak pendudukan bangsa Inggris banyak budaya, bahasa dan tradisi yang sengaja dihilangkan. Mereka mengganti hal-hal tersebut dengan budaya Celtic yang mereka anggap lebih beradab.

Oleh karena itu ketika banyak imigran dan bangsa Wales yang bermigrasi, saat mereka menemukan orang yang memiliki perasaan yang sama dengan mereka tentang tanah air, budaya atau tradisi, mereka akan merasa terhubung. Nuasa Hiraeth akan terasa dimana ingatan akan hal yang jauh, atau sudah terhapus dan bahkan sulit dicapai menimbulkan kerinduan.

Pemaknaan Akan Nuansa Perasaan.

Mengartikan kata Hiraeth akan terkesan seperti menjelaskan nuansa perasaan. Orang tidak bisa serta merta mengartikan kata ini secara harafiah. Jika mencari kata yang mendekati, ambil saja kata nostalgia dari bahasa Inggris atau saudade dari bahasa Portugis. Hiraeth menggambarkan perasaan rindu yang dalam akan seseorang, tempat atau situasi yang sudah hilang.

Baca juga: Kata Indah Anam Cara. Sebuah Filosofi Untuk Kata Soulmate.

Hiraeth berasal dari kata “hir” yang berarti lama, and “aeth” berarti kesedihan atau kedukaan. Terjemahan harfiah memang seperti rasa duka yang berlangsung lama, namun nuansa yang tersirat bukanlah hanya rasa sedih semata. Selain itu, terjemahan harafiah terlalu sempit menggambarkan kata Hiraeth, yang mana pengambarannya meliputi sejarah, sastra, hingga budaya.

Kiana adalah salah satu orang yang bisa merasakan hiraeth milik orang wales, apakah kamu pernah mengalami hal yang bisa terungkap dengan kata hiraeth?

Source:
sampsoniaway.or
bbc.co.uk

KOTAK POS