Home / Serambi

Nomans Land, Pulau Tak Berpenghuni Amerika. Benar-Benar Berbahaya!

Senjahari.com - 12/05/2021

Nomans Land
Nomans Land, Pulau Tak Berpenghuni Amerika. Benar-Benar Berbahaya!.

Penulis : Editor

Nomans Land salah satu pulau di Amerika Serikat yang tidak berpenghuni. Sesuai namanya nomans land yang artinya tidak ada manusia, memang bukan tempat yang layak huni. Pulau yang cukup luas ini sebenarnya indah tetapi kamu brrpikir dua kali untuk datang kesana. Bagaimana bisa begitu?

Nomans Land Dan Latihan Militer Amerika.

Pulau yang letaknya di wilayah Massachusset ini memang belum dibuka untuk umum. Berbeda dengan wilayah pantai New England yang menjadi tujuan wisata kalangan kelas atas. Pasalnya Angkatan Laut Amerika menggunakan pulau ini untuk latihan mengebom! Bahkan sisa dari bom-bom yang belum meledak atau jenis bom UXO selama latihan di tahun 1940an masih ada. Walau jenis bom ini rata-rata adalah jenis bom ‘bekas’ yang gagal atau tidak terpakai tapi bukan berarti tidak bisa meledak. Makanya pemerintah masih menutup wilayah ini.

Lalu, pada tahun 1976 seorang peneliti lingkungan dan seorang jurnalis pernah mendatangi pulau ini namun sampai saat ini kondisi tempat tersebut masih belum dihuni. Peneliti bernama Gus Ben David melaporkan kondisi pada tahun tersebut bahwa Nomans Land sudah mengalami perbaikan dari sisi alamnya. Kabarnya pulau ini dalam beberapa tahun setelah tahun kunjungannya di 1976 telah menjadi habitat satwa liar. Walau nomans land terdapat bom UXO, para aktifis lingkungan berharap wilayah ini menjadi habitat satwa-satwa atau tanaman liar agar tetap lestari.

Pembersihan Pulau Untuk Alam

On the Ground at Noman's Land | Martha's Vineyard Magazine
Nomans Land by Martha’s Vineyard Magazine

Banyak usulan yang masuk ke pemerintah untuk segera membersihkan pulau ini. Usulan itu salah satunya berasal dari Brian McCartey seorang ekologi dan seorang veteran angkatan darat Amerika Serikat. Ia mengusulkan untuk melakukan pembersihan dari bom-bom bekas. Pembersihan menurutnya sangat penting mengingat bom-bom bekas itu ada dalam laut dan tanah serta pada lokasi tersembunyi. Wilayah tetangga di sekitar pulau ini memanfaatkan air untuk banyak kebutuhan. Apabila tidak mensterilkan wilayah ini dari bom-bom tersebut, ia mengkhawatirkan hewan-hewan, serta lingkungan yang berdekatan dengan nomans land akan ikut menjadi dampaknya.

Nomans land sendiri memiliki pemandangan yang amat cantik sehingga menjadi perdebatan publik tentang pembersihan dan pembukaan pulau ini. Banyak warga yang berharap pulau ini bisa menjadi area wisata, tetapi para pecinta lingkungan berharap pemerintah membuka pulau ini secara terbatas untuk menjaga habitat satwa dan lingkungan yang baru terbentuk.

Menurutmu bagaimana nih sobat serambi? Apapun keputusannya, apakah nantinya akan membuka pulau ini atau membuka secara terbatas, tetap melestarikan lingkungan indahnya ya!

Source:
smithsonianmag.com
amp.theatlantic.com

KOTAK POS