Home / TanyaKenapa

Tanya Kenapa-Planet Mengorbit Matahari.

Senjahari.com - 15/06/2021

Planet Mengorbit

Penulis : Dinda Pranata

Di masa SMP atau SMA dalam pelajaran fisika kita pasti pernah mendengar atau membaca alasan tanya kenapa planet mengorbit matahari. Masih ingatkan kalian? Sebagian dari kita mengetahui bahwa matahari adalah pusat dari tata surya kita. Uniknya walau bumi dan banyak planet mengitari matahari, tetapi benda bulat di angkasa tersebut tidak bertabrakan satu sama lain atau tertelan matahari. Bagaimana dan kenapa bisa begitu?

Planet Yang Berat Sama Dengan Memiliki Kekuatan Yang Besar.

Matahari dan planet-planet dalam tata surya kita ini memiliki daya tarik menarik. Bahasa kerennya adalah gravitasi. Gravitasi ada karena adanya massa atau berat dalam sebuah benda dan partikel (kecuali foton). Planet-planet, benda langit termasuk matahari memiliki ukuran berat atau massa yang berbeda sehingga mereka pun memiliki kekuatan gravitasi yang berbeda.

Semakin besar massa dari sebuah benda maka semakin besar gaya gravitasi yang mereka miliki. Matahari sebagai pusat tata surya memiliki massa yang paling besar di antara benda langit lainnya. Berdasarkan dari laman NASA, gaya gravitasi Matahari yang besar itu membuatnya menarik planet-planet bergerak untuk mengelilinginya. Aktifitas benda bulat angkasa yang mengelilingi matahari ini kita kenal sebagai revolusi. Tapi jika matahari menarik planet, kok benda langit bulat ini tidak tertelan?

“Daya Tarikmu Mempengaruhiku Tapi Tidak Menelanku”

Matahari membuat planet mengelilinginya tetapi tidak bisa menelannya karena benda besar bulat di tata surya kita ini juga memiliki gravitasinya sendiri. Gaya gravitasi planet ini yang membantunya untuk tetap berada di orbitnya sendiri. Pertemuan gaya gravitasi imatahari dan gaya gravitasi planet memunculkan dua gaya yang dalam fisika kita kenal sebagai gaya sentrifugal dan sentripetal.

Gaya sentrifugal adalah gaya yang menjauhi pusat putaran dan kita kenal matahari. Sementara gaya sentripetal merupakan gaya yang membuat benda bergerak mengelilingi pusat benda. Gaya sentrifugal yang dimiliki planet menariknya untuk keluar dari matahari tetapi tetap tegak lurus mengelilinginya.

Baca juga: Tanya Kenapa-Kita Bisa Kesemutan? Apa Benar-Benar Ada Semut?

Selain karena dua gaya tersebut, besarnya daya tarik menarik juga dipengaruhi oleh jarak antara matahari dan planet. Setiap planet mengelilingi satu pusat yang sama tetapi memiliki jalurnya sendiri sehingga tidak bertabrakan satu dengan yang lain. Semakin jauh jarak dari matahari semakin lama pula ia mengelilingi matahari.

Sebagai contoh ambilah tali dan sebuah pena. Ikatlah pena tersebut pada tali dan putarlah dengan tanganmu. Anggaplah tanganmu seperti matahari sementara tali adalah orbitnya dan pena tersebut adalah planetnya. Sudah paham kah? Yuk bantu kami dengan bagikan informasi ini ke teman-teman kalian ya!

Source:
Sciencing.com
Nasa.gov

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

*

*

Post comment