Home / Jendela

Konten Marketing, Strategi Baru Menghadapi Krisis. Kok Bisa?

Senjahari.com - 16/07/2021

Konten Marketing

Penulis : Dinda Pranata

Konten marketing merupakan salah satu trend marketing yang diperhitungkan bagi para pelaku usaha. Selama PPKM darurat dan masa krisis akibat Covid-19 banyak pedagang yang paling berdampak pada usahanya. Bahkan beberapa waktu yang lalu banyak media massa memberitakan beberapa usaha harus membatasi waktu berdagang guna tetap bisa mendapat pemasukan. Lantas apa yang bisa pedagang, pelaku usaha dan UMKM lakukan agar tetap bisa bertahan?

Manfaatkan Teknologi Sebagai Rekan.

Industri-industri UMKM dan para pedagang perlu manfaatkan berbagai teknologi yang ada untuk mengembangkan industri dan usahanya. Tidak harus yang mahal, teknologi yang umum dan relatif murah meriah adalah media sosial dan toko-toko online. Peran media sosial dan toko online sangat membantu para pelaku usaha dalam mengembangkan usahanya.

Seperti dalam jurnal milik Tona Aurora Lubis Dan Junaidi dalam judul Pemanfaatan Teknologi Informasi Pasa Usaha Kecil Dan Menengah Di Kota Jambi tahun 2016 menjelaskan bahwa Untuk menghadapu krisis ekonomi global dan perdagangan bebas multilateral (WTO), regional (AFTA), kerja sama Informal APEC dan ASEAN Economic Community (AEC) UMKM dituntut untuk melakukan perubahan guna meningkatkan daya saingnya agar terus berjalan dan berkembang. Salah satunya dengan menggunakan teknologi informasi (TI)

Peranan teknologi informasi inilah yang dapat membantu para pelaku usaha keluar dari krisis di masa pandemi. Teknologi bukan hanya sekedar sarana tetapi menjadi rekan pelaku usaha untuk bertahan di masa krisis seperti sekarang ini. Lantas bagaimana memanfaatkan teknologi ini?

Media Blog Dan Website Menjadi Trend Marketing Di Era Digital.

Mengandalkan satu jenis cara belum tentu membawa hasil yang maksimal. Semisal kita sudah mendaftarkan diri di media sosial seperti instagram, pinterest, facebook, dan lainnya atau menggunakan layanan online shopping tidak lantas berhenti sampai konsumer datang sendiri. Kita tentu perlu menawarkan atau bahasa kerennya marketing produk atau jasa ke konsumen. Caranya bisa beragam dari konvensional dari mulut ke mulut maupun pasang iklan yang menarik konsumen membeli produk.

Baca juga: Donat Kudapan Yang Umurnya Ribuan Tahun. Serius?

Selain cara di atas, ada cara marketing yang sedang trend yaitu promosi melalui konten di website atau blog. Marketing dengan cara ini mereka sebut content marketing. Menurut Rebecca Lieb dalam jurnal penelitian milik Dewanti Pertiwi dan Henni Gusfa di tahun 2016 menyebutkan bahwa content marketing asalah strategi pemasaran dengan cara menghasilkan konten yang bertujuan untuk memberi informaai kepada konsumen yang bersifat persuasi atas produk yang dipasarkan. Pendekatan ini terbilang lebih lembut (softselling) dengan fokus pembuatan dan pendistribusian konten yang bernilai, relevan dan konsisten agar bisa menarik dan mempertahankan audiens atau konsumen.

Konten Marketing Sebagai Rekan Pelaku Usaha Di Tengah Pandemi

konten marketing senja hari
Banner Promosi Gratis Senja Hari Media design by canva.com

Di masa pandemi seperti sekarang saat para pelaku usaha kesulitan dalam memasarkan usahanya, konten marketing bisa menjadi salah satu cara untuk mempromosikan brand atau produk baik barang atau jasa. Senja hari media membuka kesempatan untuk pelaku usaha bekerja sama dengan kami dalam melakukan promosi usaha secara GRATIS! di website www.senjahari.com. Syaratnya:

  1. WNI (Warga Negara Indonesia)
  2. Pelaku UMKM/ industri rumah tangga.
  3. Memiliki akun usaha (Media Sosial FB, Instagram atau Toko Online)
  4. Tidak menjual produk berbahaya yang dilarang peredarannya di Indonesia (Obat-obat terlarang, psikopropika, dan lainnya)
  5. Usaha bukan berjenis MLM (multi level marketing)
  6. Follow salah satu media sosial senja hari media (Instagram, Facebook, Tumblr, Twitter atau Blog)
  7. Memposting hasil promosi di web senja hari ke media sosial kalian dengan menyebutkan nama akun senja hari media.

Bagi yang memiliki usaha bisa mengirimkan ke email ke senjaharimedia@gmail.com dengan Subyek Promosi Gratis dan jelaskan tentang usaha kalian beserta alamat media sosial usaha pada email tersebut. Kalian juga bisa hubungi media sosial kami yang terdapat pada banner. Kami membuka pendaftaran ini sampai tanggal 17 Agustus 2021 dengan Kuota 20 Orang. Jika kuota sudah terpenuhi maka kami berhak menutup pendaftaran lebih cepat. Produk kalian akan terpasang di website kami selamanya tanpa ada batasan waktu. Mari kita bersama-sama bangkit dalam krisis di era pandemi!

Jika bagi kalian artikel ini bermanfaat, kalian bisa bagikan informasi ini dan bantu kami berkembang!

Source:
forbes.com
neilpatel.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

*

*

Post comment