Home / TanyaKenapa

Tanya Kenapa Kopi Membuat Kita Ingin BAB? Kamu Ternyata..

Senjahari.com - 24/08/2021

KopI

Penulis : Dinda Pranata

Kopi membuat ingin kencing atau buang air besar? Jika itu yang kalian rasakan, sebenarnya kalian tidak sendirian. Ternyata beberapa orang merasakan hal yang sama bahwa setelah minum kopi beberapa menit, mereka merasa ingin ke toilet. Tapi apakah benar ini semua karena kopi atau kafein di dalamnya?

Teka Teki Si Hitam Legit.

Sejak lama kopi dikenal sebagai stimulan pencernaan bahkan dianggap sebagai stimulan yang lebih efektif daripada otak kita. Studi tentang stimulus ini sudah ada sejak tahun 1990. Studi ini menjelaskan tentang respon usus terhadap makanan dan minuman tertentu setelah salah satunya adalah kopi. Sebenarnya kebenaran tentang minuman ini menyebabkan aktifnya pencernaan itu masih dalam tanda tanya. Beberapa penelitian terkait minuman ini pun masih berjalan.

Sebuah studi di tahun 2003 darin Journal of Human Nutrition and Dietetics pun menemukan bahwa peminum kopi biasa, mampu mengembangkan kemampuan toleransi terhadap efek tersebut. Mereka yang toleran terhadap minuman ini tidak mengeluarkan banyak urin setelah meneguk 2 sampai 3 cangkir dalam satu hari. Tidak ada ukuran yang pasti apakah meminum dalam jumlah tertentu dapat membuat kita buang air besar. Walau beberapa orang bisa mengembangkan toleransi terhadap minuman hitam ini, banyak orang juga yang merasakan berkali-kali harus ke toilet karena meminumnya. Anggapan ini pun didukung dengan penelitian baru yang saling melengkapi.

Dalam jurnal berjudul Researchers document impact of coffee on bowels (2019) menjelaskan, minuman ini merupakan jenis yang mampu meningkatkan gerak usus. Minuman ini pun mampu mempengaruhi kita untuk buang air. Para peneliti memberi makan tikus selama tiga hari dan mendapati penekanan mikroba dalam kotoran tikus ketika tikus meminum 1,5% kandungan minuman ini. Bahkan, kopi dengan kadar 3% dapat menekan mikroba menjadi lebih rendah lagi. Tetapi penelitian ini masih membutuhkan penelitian lanjutan apakah minuman ini dapat menjadi solusi untuk sembelit akibat melahirkan atau untuk penyakit pencernaan lain.

Komposisi Kopi Yang Masuk Akal.

Kopi dan Pencernaan
ilustrasi kopi dan pencernaan. Credit by canva.com

Peneliti menduga bahwa kadar asam pada kopi menjadi kunci rasa ingin ke toilet. Senyawa asam menjadi pemicu rasa ingin ke toilet tersebut. Pasalnya asam klorogenat memicu asam dalam lambung menjadi lebih tinggi. Karena kadar asam yang tinggi inilah membuat perut mengeluarkan isi lebih cepat dari biasanya. Selain itu dalam jenis minuman ini terdapat ratusan senyawa kimia yang menyebabkan pelepasan hormon pencernaan yang mempercepat proses buang air besar.

Dalam sebuah jurnal berjudul Chlorogenic acid (CGA): A pharmacological review and call for further research mengatakan bahwa ada beberapa manfaat dari senyawa asam klorogenik (CGA) dalam kopi. Senyawa asam klorogenat yang menjadi salah satu senyawa terbanyak dalam minuman hitam ini memiliki beberapa manfaat seperti antioxidan, anti-inflamasi dan penyembuhan luka, Antimutagenik pada mikroba dan anti-karsinogenik, serta beberapa manfaat lainnya. Selain pada kopi senyawa asam ini terdapat pula dalam kandungan teh dengan kadar senyawa yang berbeda sehingga baik untuk fungsi tubuh. Walau memiliki banyak manfaat, senyawa ini akan kehilangan manfaatnya jika salah dalam pengolahan. Berikut daftar tabel pengolahan dan hasil CGA (senyawa asam klorogenat) yang dihasilkan dari jenis kopi dari jurnal Consumption of Chlorogenic Acids through Coffee and Health Implications

Jenis Kopi dan kadar senyawa asam klorogenik
Tabel kadar CGA dalam berbagai jenis kopi dan olahannya.

Jadi bagaimanapun jika mengkonsumsi kopi dalam jumlah yang berlebihan memang tidak baik. Namun dalam beberapa penelitian, orang yang terbiasa minum kopi secara rutin dapat mengembangkan kemampuan perut untuk beradaptasi sehingga tidak mudah buang air besar atau kecil. Apakah kalian salah satu dari pecinta kopi dan mudah ke toilet karenanya? Kalian bisa menuliskan komentar kalian di kolom komentar ya.

Bagi kalian yang merasa tulisan ini bermanfaat, kalian bisa bagikan artikel ini dan bantu kami berkembang.

Source:
Farah, Adriana, dkk (2019). Consumption of Chlorogenic Acids through Coffee and Health Implications : Beverage 2019: 2-29
Naveed, Muhammad, dkk (2017). Chlorogenic acid (CGA): A pharmacological review and call for further research. Biomed Pharmacother 97: 67-74.
insider.com
thoughtco.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

*

*

Post comment

Comment

jadi begitu ceritanya, pantas klo malem habis minum kopi pagi pingin ke toilet

1 Response