Home / Kamar

Hidupkan Masa Muda Ibu Rumah Tangga Lewat Game. Tidak ‘Tabu’ Kok!

Senjahari.com - 18/11/2021

game super hero girl burrito

Penulis : Dinda Pranata

Dari semua masa hal yang paling menyenangkan adalah masa kuliah. Eh, kok bukan masa SMA? Ya, menurutku hal paling menyenangkan justru masa kuliah. Dari kuliah itu aku banyak bertemu dengan pengalaman yang hampir tidak tersentuh semasa sekolah yaitu blogging dan gaming. Istilah gaming ini aku dapat saat ketemu teman-teman kuliah di jurusan yang addict banget sama game RPG dan dari situ mereka banyak “meracuni”ku dengan situs untuk bermain game-game ringan.

Dulu Download Sekarang Online.

Setelah menikah, punya anak dan menjadi freelancer yang cukup aktif kadang memang membutuhkan waktu jeda untuk otak beristirahat. Apalagi sejak pandemi merebak, aktifitas terpusat pada rumah yang kadang cukup ‘berisik’ dengan teriakan anak-anak, suara panci di atas kompor dan permintaan klien yang banyak macamnya. Belum lagi akses ke berbagai tempat juga terbatas, maka bisa dibayangkan betapa ‘gilanya’ kepala IRT ini kalau tidak segera mengistirahatkan isi kepala. Maka salah satu cara mudah mengistirahatkan kepala dengan bermain game. Lalu bukannya itu hal yang biasa saja?

Tentu bagi ibu rumah tangga seperti aku, game itu bukan sesuatu yang biasa. Tapi sangat langka sekali untuk bisa dinikmati. Dan yang lebih menarik lagi game PC yang aku mainkan seperti cooking dash, juga sudah bisa diakses online, dimainkan di web penyedia game, bisa melalui hp dan tidak menyita kapasitas hardisk dengan download. Salah satunya di plays.org yang menyediakan ribuan game dari game anak, edukasi, bahkan game stimulation yang kerap aku mainkan semasa kuliah. Situs ini menjadi salah satu andalanku waktu tidak sempat instal-instal di laptop atau hp.multitasking.

Apa Enaknya Bermain Game Online Bagi Ibu Rumah Tangga?

games plays super hero burrito
ilustrasi game super hero girls burrito. Doc: pribadi

Ketika masa muda berlalu, maka masa tua tidak boleh datang.

Apa maksudnya? Ya, usia boleh tidak muda tetapi hobi masa muda tidak boleh tua. Game bagi ibu rumah tangga bisa dibilang refreshing singkat yang mengingatkan akan masa muda dan kebebasan. Dengan game kita seolah bisa mengendalikan semua hal semau kita secara bebas dan pelarian dari dunia nyata (astaga berat ya..). Bagiku ini bisa menjadi sebuah kegiatan di luar rutinitas untuk menghidupkan kembali masa muda.

Baca juga: Bagai Srikandi yang Mencari Panah Bersama Asus Zenbook 14X OLED (UX5400)

Salah satu permainan di laptop yang aku mainkan dari zaman kuliah sampai sekarang yaitu cooking dash dan game jenis ini bisa ada bermacam-macam. Di web plays.org salah satu permainan cooking dash berjudul Super Hero Girls Burrito Blitz. Mainan ini masuk dalam jenis permainan stimulation atau time management. Cara mainnya sama persis dengan game sushi restaurant yang membuatkan pelanggan berbagai olahan makanan dengan bahan yang tersedia. Selain itu kita hanya membuat makanan tetapi juga berpacu dengan waktu serta pengunjung yang bisa saja kecewa dengan menunggu lama sehingga memberikan rating buruk. Menyenangkan sekaligus menjadi hiburan karena kenyataanya seorang IRT tidak bisa melakukan apa yang semua yang permainan ini lakukan. Terlebih permainan ini membantu para IRT adu kecepatan seperti kegiatan mereka sehari-hari yang ehem.. multitasking. Apa enak dan tidak enaknya mainan ini?

Buatan Manusia Yang Tidak 100% Sempurna.

game plays di hp dan laptop
Perbandingan game plays di hp dan laptop Doc: Pribadi

Setelah mencoba permainan ini di versi hp atau desktop. Nyatanya permainan ini lebih enak dimainkan di HP daripada di laptop. Di HP permainan ini bisa di full-screen dengan cara men-double klik layar permainan yang sedang dimainkan. Kalau di laptop tampilan permainan tidak bisa full screen dan memerlukan mouse untuk memudahkan mengklik sana sini. Lalu bagaimana tampilan design dari gamenya?

Baik di hp ataupun di laptop design dan resolusinya sangat ramah. Ya, jelas karena ini bukan permainan berat semacam RPG. Tingkat kesulitan juga standart dan masih dikategorikan sebagai permainan kelas ringan. Jadi bisa jadi rekomendasi bagi kaum pecinta game ringan dan sangat tidak cocok untuk mereka yang menyukai game tantangan.

Permainan ini juga belum sepenuhnya menyimpan level permainan yang sudah kita mainkan. Misalkan kita sudah sampai level 10 lalu tiba-tiba game over, maka kita tidak bisa melanjutkan di level 10 tapi kita mulai lagi dari level 1. Ini kadang yang bikin aku jengkel dan geregetan juga.

Walau permainan ini 100% online dan tidak menghabiskan hardisk dengan menyimpannya. Permainan ini tetap tidak sempurna dan masih perlu pengembangan. Setidaknya sarana ini bisa menjadi caraku untuk menghidupkan masa muda saat jiwa tua mulai berteriak. Main game bukan cuma buat bapak-bapak atau kaum adam saja ya, ibu-ibu dan kaum hawa juga ada kok yang suka main game.

Baca juga: Lawan Stigma Ibu Rumahan Dengan Berkarya.

Menghidupkan masa muda tidak harus melakukan hal kesukaan, tetapi lakukan hal yang pernah masa mudamu lakukan asal positif.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

*

*

Post comment