Home / Jendela

Asuransi Kesehatan – Investasi Hidup Yang ‘Sekedar’ Numpang Lewat!

Senjahari.com - 09/12/2021

Asuransi Kesehatan

Penulis : Dinda Pranata

Dering telepon di meja Raras, di seberang suara Kak Mila terdengar ketakutan dan sedikit bergetar. “Paru-paru Mbak Lilik sudah ada fleknya. Jadi, ia harus di ruang isolasi.” Tangan Raras bergetas, bayangan kehilangan Almarhum ibunya masih membekas diingatannya. Pandemi Covid-19 sudah mengambil ibunya dan sekarang kakaknya Lilik yang tertular virus ini.

“Kata Dokter, mbak lilik butuh obat namanya Gamaras dan harganya 20 juta.” Jantung Raras terasa menclos mendengar harga obatnya.

“Mbak lilik pakai Asuransi?” Raras khawatir mbak Lilik masih enggan menggunakan asuransi kesehatan karena merasa masih sehat. Kak Mila berkata tidak. Mereka berdua pun tenggelam dalam pikiran masing-masing. Karena tidak ada biaya, mbak Lilik pun tidak terselamatkan.

“Duka-Duka Dalam Covid.” Ilustrasi Cerita Pribadi.

Covid-19 tidak hanya membuat banyak orang ketakutan, tetapi juga sudah merenggut banyak nyawa. Saat masa pandemi seperti sekarang kesehatan terasa begitu mahal dibandingkan hari sebelum pandemi terjadi. Mahalnya nilai kesehatan membuat Raras dan Kita perlu memiliki tabungan kesehatan yang terjamin. Apa itu asuransi kesehatan?

Investasi Untuk yang Tak Abadi, Tapi..

Banyak orang sudah mengenal asuransi kesehatan yang biasa disebut penjamin kesehatan atau tabungan kesehatan. Asuransi sendiri banyak macamnya ya, ada asuransi kesehatan, asuransi jiwa, asuransi mobil, asuransi rumah, dan lainnya. Kalau menurut profesor Dr. Wirjono Prodjodikoro yang ekspert dalam bidang inimengatakan, kalau asuransi itu sebuah perjanjian yang mengikat antara tertanggung (pihak nasabah asuransi) dan penanggung (perusahaan asuransi).

Seperti cerita Kakak Raras yaitu Lilik yang tidak memiliki asuransi kesehatan sulit untuk mendapatkan dana talangan saat kesehatannya tiba-tiba tidak baik. Dalam masalah kesehatan umum, biasanya asuransi menawarkan manfaat seperti Biaya Rawat Inap, Biaya Operasi, dan atau rawat jalan. Namun pada kasus khusus seperti Mbak Lilik beberapa asuransi menawarkan layanan asuransi khusus covid-19. Saat keuangan tidak stabil, asuransi sangat membantu dalam menutup kebutuhan dana saat kesehatan tidak baik. Kalau Asuransi kesehatan itu penting kenapa justru banyak yang menyepelekan?

Pertama, kasus per kasus masalah asuransi bermunculan ke publik sehingga meninggalkan citra negatif asuransi di mata publik dan tentu itu membuat kita semua khawatir mengenai asuransi. Kedua, pemahaman literasi keuangan di Indonesia masih terbilang rendah. Ketiga, adanya anggapan tentang kondisi kesehatan yang masih baik-baik saja. Lalu bagaimana solusi untuk kekhawatiran seperti itu?

Galilah Data Dan Bukan Janji Semata.

Dalam mencari asuransi para nasabah asuransi perlu cermat dalam memilih asuransi kesehatan yang tepat. Galilah data dari sumber yang tepercaya tentang asuransi kesehatan yang diambil. Jangan hanya mempercayai janji semata, bisa-bisa bukan untung malah buntung. Solusi apa yang bisa dilakukan untuk kekhawatiran itu?

  • Citra Asuransi Yang Kurang “Sedap”
Testimoni Lifepal
Testimoni Lifepal

Berdasarkan data statistik CNBC dari tahun 2018 ada total 21 keluhan nasabah Asuransi karena masalah gagal bayar. Di Indonesia sendiri ada ratusan perusahaan asuransi kesehatan dengan profitabilitas dari tinggi hingga rendah dan tentu saja mencari info mengenai perusahaan ini melelahkan bukan. Solusinya kita bisa menggunakan jasa broker asuransi untuk mencari Asuransi kesehatan yang cocok dengan kita. Broker asuransi sendiri adalah pihak ketiga yang membantu nasabah asuransi untuk proses klaim dan pencairan klaim dari perusahaan asuransi atau membantu nasabah dalam memperoleh asuransi yang tepat. Tanggung jawabnya adalah menjadi perantara antara nasabah asuransi dan perusahaan asuransi baik saat pemilihan, proses pembelian hingga penengah saat terjadinya masalah dalam asuransi tersebut.

Broker asuransi kesehatan salah satunya adalah Asuransi lifepal. #Asuransilifepal ini sudah bekerja sama dengan berbagai asuransi kesehatan yang memiliki kredibilitas dan sudah teregistrasi di OJK (Otoritas jasa keuangan). Mereka pun tidak asal memberikan asuransi tapi sudah mensortir mana saja asuransi kesehatan yang cocok dan sesuai kebutuhan nasabah. Selain itu, asuransi lifepal juga memberikan konsultasi yang membantu calon nasabah asuransi dalam mempelajari managemen resiko dari sebuah produk asuransi. Testimoni kepuasan pelanggan bisa jadi pertimbangan dalam pemilihan layanan asuransi.

  • Pemahaman literasi keuangan yang masih rendah.
Kalkulator kesehatan uang di lifepal
Kalkulator kesehatan uang di lifepal

Banyak warga Indonesia kurang memahami pengelolaan keuangan secara bijak. Tak jarang dari mereka terlilit hutang besar karena tidak bisa menilai kemampuan atau kesehatan keuangannya sendiri. Tak jarang mereka banyak yang bunuh diri, melakukan tindak kriminal atau lainnya karena masalah keuangan. Tapi tahukah kalian lifepal memiliki layanan perhitungan kesehatan keuangan pada layanan webnya? Layanan ini membantu kita memeriksa kesehatan keuangan diri. Seberapa sehatkan keuangan kita jika dilihat dari pemasukan, pengeluaran serta aset yang dimiliki.

Website ini tidak hanya berisi tentang asuransi belaka, tetapi juga artikel yang penting tentang literasi keuangan. Baik pelanggan ataupun calon pelanggan bisa memperoleh ilmu seputar pengelolaan keuangan yang baik. Pemahaman yang baik tentang keuangan nyatanya berdampak pada fisik dan psikis kita juga.

  • Anggapan kesehatan kita masih baik.
Layanan Tambahan di Lifepal
Layanan Tambahan di Lifepal

Mengapa kita perlu menyoroti kata masih baik? Karena itu yang menjadi jebakan bagi banyak orang. Teringat kata para filsuf stoa bahwa ada hal yang bisa kita kendalikan dan ada hal yang tidak bisa kita kendalikan. Salah satu hal yang tidak bisa kendalikan adalah kesehatan yang asalnya dari luar diri sendiri. Seperti cerita mbak Lilik yang tidak memiliki asuransi karena merasa masih sehat.

Kita bisa mengendalikan apa yang ada dalam kendali diri sendiri seperti menjaga kesehatan dan memiliki persiapan asuransi. Asuransi lifepal tidak hanya memberikan layanan web kesehatan keuangan dan mengenalkan resiko dalam layanan asuransi, tapi juga menyarankan kita untuk mencari second opinion sebelum memutuskan layanan asuransi. Hal ini menghindari kita terjebak pada iming-iming pihak asuransi tanpa mendengar fakta. Karena lifepal yakin bahwa kepercayaan konsumen akan membantu konsumen untuk semangat dalam melek terhadap pentingnya asuransi.

Akses Daftar Cuma Pakai Jari.

Cara Lifepal menginspirasi Indonesia untuk melek pentingnya asuransi

Cara daftarnya cuma pakai jari dan bisa diakses lewat Laptop atau HP tanpa perlu datang ke kantor. Untuk mendaftar buka halaman web www.lifepal.co.id.

  1. Klik logo avatar untuk daftar, disana akan diarahkan pada laman pembuatan akun baru. Pilih Daftar Baru
  2. Masukkan data diri seperti nama sesuai ktp, jenis kelamin, tanggal lahir, nomor telpon, email dan password akun. Centang kebijakan dan klik Daftar. Kamu akan masuk laman akun milikmu di lifepal.
  3. Untuk pembelian asuransi kamu wajib melampirkan foto ktp
  4. Di laman akun ini kamu bisa membandingkan harga asuransi satu dan lainnya dengan budget yang sesuai, melakukan perhitungan kesehatan dan mengajukan pembelian polis asuransi.
  5. Setelah mempelajari dan menemukan asuransi yany cocok, klik beli.
  6. Lakukan proses isi data diri untuk administrasi asuransi setelah selesai klik check out dan ikuti transaksi pembayarannya.
  7. Bukti pembayaran polis tersedia dalam bentuk softcopy yang bisa diunduh di akun asuransi yang terdaftar dan atau dikirimkan ke alamat rumah.

Hidup itu memang numpang lewat, tapi bukan berarti sekarat lalu minggat.

Hidup itu memang singkat,

karenanya kita belajar merawat yang sehat

By D.I.N.D.A

Bacaan lanjutan topik ini:
ojk.go.id
cnbcindonesia.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

*

*

Post comment

Comment

Stigma buat asuransi saat ini memang masih terasa, apalagi ditambah saat ini telah ada bpjs kesehatan semakin menambah pelunag bagi asuransi menjadi produk yang kurang diminati..
Fasilitas yang diberikan oleh asuransi lifepal setidaknya bisa memberikan tawaran yang menarik khususnya bagi orang2 yang ingin membeli asuransi baik untuk dirinya sendiri maupun untuk karyawannya..

Betul mbak.. Asuransi perlu berinovasi biar ciamik dan dilihat sama calon nasabahnya.. ^^

Bener juga kaaak, makin ke sini abis pandemi makin sadar kalau kesehatan itu mahal dan butuh asuransi buat ngecover🥲 suka banget quote akhirnya “bukan berarti sekarat lalu minggat” 🤣

Menurut masyarakat banyak yang beranggapan asuransi itu ga bagus atau negatif….. ya semoga dengan kelebihan yang ditawarkan dari asuransi lifepal bisa membalikan citranya menjadi positif

Sy pernah tuh lg cari² info asuransi, masuknya ke lifepal. Bagus mmg, bs tuk komparasi berbagai asuransi

Perusahaan asuransi harus bisa merubah image yang masih melekat di beberapa pandangan masyarakat tentang banyaknya asuransi yang susah dicairkan ketika dibutuhkan. Semoga lifepal bisa menjadi garda terdepan sebagai asuransi terbaik

Nice review, sangat bermanfaat bagi yang lagi nyari referensi tentang asuransi yang sekarang juga lebih mudah diakses di perangkat mobile kita.

Oktavia winarti

Asuransi kesehatan memang sepenting itu yah. Ikhtiar kita kalau tiba-tiba sakit atau naudzubillahnya kecelakaan ada jaminan untuk cover biayanya. Alhamdulillah sudah tercover asuransi kesehatan dari pekerjaan Pak Suami. Buat yg belum buka asuransi, informasi ini bermanfaat banget sih. makasih mba dinda for sharing 😀

Phai Yunita S Wijaya

Aku termasuk yang enggan menggunakan asuransi, kenapa karena kadang tidak sesuai yang dijanjikan diawal. Di awal semua bilang ‘iya iya ita”eh saat ada kasus dan butuh cover jadi bilang “tidak, tidak” hmm
Makanya emang harus pakai broker asuransi emang… Biar jelas dan melek asuransi.

Aku ngerasain betapa pentingnya asuransi beberapa waktu terakhir ini, khususnya asuransi kesehatan. Tetapi stigma asuransi itu sendiri emang bikin maju mundur. Kalau lifepal aku baru denger ini sih. Terima kasih, jadi semakin banyak dapet info tentang asuransi, makin banyak referensi.

Bener banget nih. Sejak pandemi kerasa banget kalo kesehatan tuh mahal banget, mulai dari obat sampe perawatannya itu mahal banget. Nyari produk asuransi kesehatan juga harus yang bener2 cocok sama kita dan mudah untuk dipakai, karena ada banyak juga yang malah menyulitkan waktu untuk dicairkan.

Bener kak, kesehatan itu memang mahal. Kelihatannya sih sepele dan sering kali dilewatkan orang. Semoga kita lebih aware sama kesehatan sendiri dan orang terdekat dan tetap jaga kesehatan ya.. ^^

setuju mba kita harus menggali informasi kalau daftar asuransi, terutama yang klausul klausul dengan tulisan kecil agar kita tidak salah paham dan salah menghitung hitung, semoga kita semua sehat selalu

Bener banget, jangan sampai kita kebobolan. Semoga kita selalu sehat ya kak..^^

Anggita R. K. Wardani

Pas banget nih, aku lagi cari info tentang asuransi kesehatan lain selain BPJS.

Yuk, diceki-ceki lagi kak.. ^^

setuju banget aku betapa pentingnya asuransi. ku juga pernah terbantu bgt dg asuransi. waktu itu butuh uang banyak untuk pengobatan. Alhamdulillah di rembes oleh asuransi. jadi sangat meringankan bgt

Wah, meringankan sekali ya kak.. Semoga kita tetap sehat ya kak.. ^^

Mohammad Rizal Abdan Kamaludin

kesehatan keuangan memang penting ya kak, lifepal membantu secara detail juga untungnya…

Bener kakak.. ^^

Tri Ayu Andani Nasution

Ternyata cara daftarnya cukup mudah ya… Dari hp juga bisa. Boleh dicoba nih. Langkah2nya simple.

Betul kak.. ^^

wah bisa ikutan niy lombanya kak, siapa tahu bisa menang niy, dan kebetulan memang setahu saya literasi soal asuransi di negera kita masih perlu ditingkatkan

benar kak.. silahkan kak, yuk sama-sama ramaikan lombanya..
^^

Pradyta Febriana Rudiyanto

Memang benar ya mbak, asuransi jadi salah satu hal penting apalagi di kondisi harus serba waspada seperti sekarang. Terimakasih untuk sharingnya mbak 😊

sama-sama kak, semoga membantu.. ^^

26 Responses