Home / Taman

Bharatvarsha-Asal Mula Hindu. Pernah Dengar?

Senjahari.com - 28/08/2022

Bharatvarsha

Penulis : Dinda Pranata

Ketika bicara agana Hindu dalam benak kita pasti agama yang lahir di India. Atupun, agama yang mayoritas dianut oleh masyrakat India serta Bali di Indonesia. Dan selama ini kita hanya tahu bahwa Agama Hindu itu berasal dari India saja, namun ada satu kisah yang mengungkap hal lain dari Agama Hindu itu sendiri. Pernah nggak dalam pikiran kita bertanya, dari mana asalnya agama Hindu itu sendiri?

Dunia dalam Brahmanda

Menurut beberapa sumber kitab suci hindu, sebelum peradaban sungai Hindus ada sebuah peradaban bernama Bharatvarsha. Berdasarkan Brahmanda, nama tersebut merujuk ke seluruh bumi dan lebih spesifik lagi menunjukkan wilayah yang letaknya di selatan pegunungan Himalaya, dan kita kenal sebagai wilayah India. Sedangkan, untuk penduduk di wilayah tersebut bernama Bhartiya.

Selain nama Bharatvarsha, nama lain dari India kala itu juga Aryavart atau Arya. Nama Arya juga disebutkan dalam kitab Rig Weda. Kata Bhartiya dan Arya sebenarnya sama-sama ada dalam kitab suci weda, hanya menurut the vedic foundation istilah Bharatvarsha atau Bhartiya pada masa itu lebih populer daripada Arya.

Keberadaan Bharatvarsha banyak tertulis di Purana. Dalam purana menyebutkan deskripsi tentang tempat-tempat suci seperti di Himalaya dan sungai-sungai suci di Bharatvarsha. Sedangkan dalam bhagawatam penjelasan singkat tentang sejarah keseluruhan peradaban Bharatvarsha setidaknya dimulai sejak 155,52 triliun. Lalu bagaimana Bharatvarsha ini menjadi nama India?

Bharatvarsha dan Para Pendatang

Peta Bharatvarsha
Peta Bharatvarsha

Saat orang-orang muslim datang untuk menyerang wilayah Bharatvarsha dari sisi barat, mereka mulai menyebut para penduduk Bharatvarsha sebagai orang Hindu. Nama Hindu ini sebenarnya mereka ambil dari nama aliran Sungai Sindhu yang ada di wilayah Bharatvarsha ini. Lalu untuk memudahkan penyebutan dalam bahasa mereka munculah kata Hindustan yang artinya tempat orang-orang Hindu.

Baca juga: Panca Klesa, Penyebab Kesengsaraan. Nyatanya juga ada di Filsafat Stoa.

Ketika Inggris datang mereka banyak sekali merubah nama tempat dan beberapa nama sungai, termasuk nama sungai Sindhu yang mereka ubah menjadi nama Indus. Lalu Inggris juga merubah nama Hindustan/Bharatvarsha menjadi India. Akibatnya nama Bharatvarsha tenggelam dan lebih dikenal dengan nama India. Jika Bharatvarsha adalah peradaban awal dalam Agama Hindu, bagaimana kita menjelaskan Budaya Harrapa itu sendiri?

Dalam buku Kebenaran Sejarah Agama Hindu memaparkan bahwa perang mahabarata (3139 SM) banyak menghancurkan perekonomian dan membunuh banyak orang lokal di India kuno. Wilayah yang luas dan lenggang serta komunikasi antar tempat yang cukup sulit, menyebabkan beberapa wilayah yang letaknya berjauhan di India mengembangkan budaya mereka sendiri. Salah satunya adalah budaya Harrapa (2700-2500 SM). Jika demikian bagaimana kita mengetahui kronologi Bharatvasha/Bhartiya dalam kitab Hindu?

Lahirnya Brahma dan Umat Manusia

Kronologi Bhartiya/Bharatvarsha terjadi saat Dewa Brahma lahir yang dimulai pada 155,52 triliun tahun. Pada saat Brahma lahir di 155,52 triliun tahun yang lalu, kita bisa menyebutnya Brahma Kalpa a pertama. Pada Brahma Kalpa kedua yaitu 155,51 juta tahun lalu, Bhrahma menciptakan brahmanda, 10 rsi pertama, para dewa dan para Asura. Tak lupa Brahma membentuk bumi serta dimensi-dimensinya.

Manusia pertama yang lahir pada 1,971 juta tahun yang lalu di Bharatvasha. Mereka bernama Swayambhumanu dan istrinya Satarupa. Mereka berdua muncul dari badan Brahma dan kemudian memiliki dua orang putra (Priyavarta dan Uttanpada) dan tiga orang putri (Akuti, Devahuti dan Prasuti). Akuti kemudian menikah dengan Prajapati Ruchi dan putri keempatnya (Devahuti) menikah dengan guru rohani bernama Kardama. Putri bungsu mereka menikah dengan Prajapati Dakcha. Secara berangsur-angsur dunia mulai terisi dari anak-anak keturunan Swayambumanu.

Pada saat terciptanya Swayambumanu dan Satarupa, peradaban manusia berkembang. Kita bisa menyebut terciptanya peradaban manusia sebagai Manvantaraa. Manvantara ini adalah lingkaran waktu terbesar kedua setelah kalpa a dengan rentang waktu 308.57142 juta tahun.

Baca juga: Maha Rsi Visvamitra-Salah Satu Rsi Dalam Epos Ramayana. Siapa Beliau?

Sebenarnya masih banyak misteri dalam mencari kebenaran agama hindu itu sendiri. Seperti pertanyaan mengapa bhartiya atau kisah Bharatvarsha tidak banyak tergali hingga teori bangsa Arya yang lekat dengan agama kita. Next time kita bahas di postingan selanjutnya ya!

Source:
thevedicfoundation.org
Saraswati, Swami Prakashanand. 2006. Kebenaran Sejarah Agama Hindu (Ipaya Meluruskan Sejarah). Paramita: Surabaya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

*

*

Post comment

Comment

Baru tahu kalo kata hindu berasal dari kata sungai sindhu. berarti sama kaya di indonesia yah, nama-nama daerah dan suku ada relasinya dengan nama sungai-sungai.
jadi ada kaitannya antara, sungai shindu, hindustan, hindi, hindu, india, bahkan sampai ke negara kita indo-nesia = indo-cina (india-chinese).. naah lhoooh..

Wah menarik sekali, kebetulan saya sudah lupa pelajaran sejarsh budaya semacam ini

2 Responses