Home / Serambi

Sensasi Liburan Ala Keluarga Kerajaan di Raja Ampat Bersama Teman Hidup Traveloka

Senjahari.com - 08/10/2022

Liburan ala Keluarga Kerajaan

Penulis : Dinda Pranata

Sepasang suami istri ini tinggal di pinggir Sungai Wawage. Saat sedang si istri di tepi sungai, ia menemukan tujuh butir telur. Telur-telur itu ia bawa pulang. Suaminya—Alyab— mengetahui keberadaan telur dan hendak memakannya. Tapi, Beko Deni melarangnya dan merawat telur-telur itu hingga ia menetas. Lima telur yang menetas terdiri dari empat laki-laki dan satu perempuan. Lalu satu telur menjadi batu, dan telur lain menjadi makhluk halus. Empat laki-laki yang menetas dari telur suatu ketika menjadi raja di empat kepulauan besar Papua yaitu Waigeo, Salawati, Misool Timur dan Misool Barat.

Legenda Raja Ampat

Mendengar Raja Ampat di Papua sudah pasti melanggengkan mimpi-mimpi untuk melihat lautan bening dengan bebatuan karang di tengahnya. Raja Ampat memang terkenal dengan wilayah lautan yang menyimpan keindahan. Selain indah, lautan di sana terkenal dengan ekosistem bawah laut paling mengesankan di dunia.

Merekam Alam dan Potret Budaya Masyarakat  Timur

Saat kita ingin mencari jejak wisata dan alam Pulau Sumatera, Jawa, Bali atau Kalimantan maka kita akan menemukan banyak sekali informasi. Tapi semakin ke timur perekaman ini tak cukup banyak, seolah mereka yang ada di ujung timur Indonesia ini jauh dari jangkauan. Salah satunya adalah wilayah Papua. Destinasi wisata papua yang terkenal adalah Raja Ampat.

Sesuai dengan namanya, di sini kita bisa menikmati konsep liburan ala keluarga kerajaan saat berlibur. Apa alasan aku memilih konsep menjadi keluarga kerajaan di Raja Ampat:

Alasan Memilih Travel ke Raja Ampat
Alasan Memilih Raja Ampat
  1. Pulau Tropis dengan Nuansa Eksotis

Pernahkah kita membaca tentang bagaimana keluarga kerajaan Inggris memilih liburannya? Kebanyakan dari keluarga kerajaan itu memilih pulau tropis yang jauh dari hingar bingar kota.

Baca juga: Stigma Kusta: Cermin Buta dalam Nista dan Kusta

Di Raja Ampat tidak hanya menawarkan gugusan pulau dan nyanyian nyiur belaka. Ada juga keanekaragaman hutan tropis dan sungai sebiru laut. Pulau dengan ibukota di Waisai ini, kita bisa melihat Kali Biru yang memiliki sungai mata air berwarna biru dan letaknya ada di area hutan tropis. Jadi cocok bagi yang ingin berlibur bersama teman hidup ala keluarga kerajaan.

  1. Tantangan Aktivitas Bak Pulau Pribadi

Dengan konsep persinggahan dari pulau ke pulau sebenarnya banyak kegiatan yang bisa dijajal. Ada diving, snorkeling, atau jelajah hutan tropis. Kita juga bisa melakukan kegiatan bonding bersama anak. Di sini kita bisa sekalian mengajak anak/keluarga untuk bisa menikmati keindahan laut dengan kapal boat yang mengantar kita ke sisi-sisi pulau.

  1. Memotret Budaya lewat Alam dan Tradisi

Keluarga kerajaan di Inggris saat melakukan perjalanan, tentu menyempatkan diri untuk beramah-tamah dengan penduduk setempat. Hal yang sama bisa kita lakukan di Raja Ampat ini. Ada banyak kuliner, seni tari, seni pahat, dan budaya yang bisa kita nikmati sebagai oleh-oleh di ingatan.

Sudah Berencana? Ayo Bersiap!

Persiapan Traveling
Persiapan Traveling
  • Tanggal keberangkatan

Berkaca pada pengalaman saat melakukan trip ke Vietnam, aku dan teman hidup merencanakan dahulu nih tanggal keberangkatan. Kami memastikan saat yang tepat untuk berkunjung, agar mendapatkan moment terbaik. Tentu saja yang terpenting, tabungannya cukup.

Untuk ke Raja Ampat, ada waktu yang cocok untuk berkunjung. Waktu yang pas antara bulan Oktober sampai April, karena ombak tenang di Raja Ampat ada pada bulan-bulan tersebut. Selain itu, jika datang di bulan Oktober, kita memiliki kesempatan untuk menyaksikan festival bahari yang menyuguhkan kuliner asli dari Raja Ampat.

Baca juga: Selimut Polusi dan Populasi: Realita Pahit Kelahiran Manusia di Bumi

Jangan lupa untuk memastikan kondisi iklim pada saat tanggal itu ya.

  • Budget/Keuangan

Destinasi yang jauh dan asing, membutuhkan perencanaan yang baik. Dengan memiliki waktu yang cukup, kita lebih bisa lebih leluasa dalam menyesuaikan pengeluaran untuk menabung. Dalam membuat rencana keuangan, aku dan teman hidup banyak menggali informasi destinasi wisata. Apabila ada pilihan aktifitas yang kurang sesuai dengan budget, kita bisa mencari alternatif lain.

Kesana Dengan Apa dan Bagaimana?

  • Tiket pesawat
Penerbangan Malang-Sorong Traveloka
Penerbangan Malang-Sorong

Setelah menetapkan tanggal keberangkatan, dan menyusun rencana keuangan waktunya untuk booking tiket pesawat. Melakukan pemesanan tiket, sebenarnya cukup tricky ya. Apalagi kalau itu adalah peak season destinasi, ada saja dramanya.

Aku mensiasatinya dengan memesan tiket minimal satu bulan sebelumnya, atau maksimal dua minggu sebelumnya. Ini menghindari kehabisan tiket atau harga melonjak drastis.

Untuk ke Raja Ampat, kucari tiket penerbangan dari MLG-CGK (karena aku tinggal di Malang). Berikutnya dari Jakarta (CGK) ke Sorong (SOQ). Bagi yang punya balita, kusarankan menggunakan penerbangan langsung (direct) untuk menghemat tenaga.

  • Booking Hotel
Meredian Adventure dan Resort
Meredian Adventure dan Resort

Booking hotel adalah hal yang paling penting kedua setelah pesawat. Untuk booking hotel murah dan praktis, kita bisa memanfaatkan traveloka yang memiliki banyak pilihan hotel.

Saat ingin berlibur ke Raja Ampat, kita bisa memilih menginap di Sorong atau di pulau Waisai. Pilihan pertama lokasi mengipap, aku memilih Meridian Adventure dan Resort yang letaknya ada di dekat pesisir pulau Waisai. Penginapan ini menyuguhkan pemandangan laut di sekitar hotel dan pemandangan itu bisa langsung kita nikmati dari jendela kamar.

Swiss Belhotel, Sorong
Swiss Belhotel, Sorong

Namun jangan berfokus pada satu pilihan hotel. Pilihan hotel di Sorong juga bisa jadi alternatif, seperti Swiss-Bell Sorong yang letaknya tidak jauh dari pelabuhan. Letaknya yang dekat dengan pelabuhan, membuatku dan teman hidup bisa menyeberang dengan feri ke Raja Ampat cukup mudah. Hotel bintang empat ini memiliki design interior yang modern dan mewah serta fasilitas yang lengkap dari gym, kolam renang termasuk pemandangan laut yang cukup terlihat dari balkon kamar.

  • Rencanakan Transportasi

Dari bandara Sorong ke Waisai (ibukota Raja Ampat ini) ada dua pilihan transportasi, menggunakan pesawat lokal atau dengan kapal Feri dengan plus dan minusnya sendiri. Tapi lebih baik menggunakan kapal feri cepat, kurang lebih harganya Rp 130,000/orang. Dalam dua atau tiga jam kita sudah tiba di pelabuhan Waisai.

Aktifitas Liburan Ala Keluarga Kerajaan

Pilihan Aktifitas ala Keluarga Kerajaan
Pilihan Aktifitas ala Keluarga Kerajaan

Merasakan menjadi keluarga raja di Raja Ampat selama empat hari, kurang lengkap tanpa aktifitas yang seru. Apa saja pilihan aktifitas (calon) keluarga raja ini?

  • Snorkeling : Biaya snorkling sendiri kurang lebih Rp 600,000/orang sudah dengan perlengkapannya. Salah satu lokasi snorkling yang populer yaitu pulau Kri.
  • Menikmati keindahan burung cendrawasih di satu pulau yaitu Sawinggrai. Menikmati burung sambil menjelajah pulau eksotis dengan keluarga bisa menjadi wisata edukasi yang bermanfaat. Apalagi mengenal dan melihat dari dekat burung ini.
  • Jika kita membawa balita dan tidak bisa merasakan snorkling, cobalah memberi makan ikan. Kita bisa mengajak balita kita memberi makan ikan di Sawinggrai, mereka pasti senang. Apalagi melihat ikan-ikan mendatangi mereka.
  • Merasakan kedekatan budaya dengan mendatangi desa wisata Arborek. Di desa ini kita bisa bercengkrama dengan masyarakat papua yang ramah. Lalu, untuk tiket masuk sekitar Rp 400,000/orang.
  • Menjajal trek alam di Kalibiru (Blue River) yang letaknya ada di dalam hutan tropis di Warsambin, Teluk Mayalibit. Jika beruntung kita bisa bercengkerama dengan suku Mayalibit yang punya cerita tentang sungai ini.

Kalau Mau Isi Perut?

Liburan tentu kurang lengkap tanpa menjajal makanan tradisional dari papua ya.

  1. Cacing laut yang jika dilihat lebih mirip usus ayam dipotong-potong. Makanan ini bisa ditemukan di warung lokal atau pasar tradisional di papua.
  2. Papeda atau ikan bumbu kuning yang banyai ditemukan di warung atau resto lokal di wilayah papua.
  3. Makanan olahan sagu seperti martabak sagu dan lainnya.

Yakin nggak mau menjajal liburan impian dengan konsep suka-suka ala kalian? Kalau aku dan #TemanHidupku pasti mau banget dapet kesempatan mewujudkan bareng Traveloka. Gimana dengan kalian?

Yuk ‘#LihatDuniaLagi dan bikin #StaycationJadi’ dengan Traveloka! Langsung meluncur ke Traveloka lewat link ini: https://trv.lk/kompetisi-lihatdunialagi-bloggerperempuan

Source:

https://franskaisiepo-airport.co.id/id/panduan-wisata/index/kepulauan-raja-ampat-1
kompas.com
detik.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

*

*

Post comment

Comment

hwaaaaaa… Raja Empat, salah satu destinasi wisata impian saya.. kalo kata orang-orang luar, raja empat adalah setitik embun surga yang jatuh di bumi…

Makanan tradisionalnya sagu dan olahan sagu, masih mengundang selera saya. Lha cacing laut ini pas membayangkannya jadi gimana gitu?

dulu sempet punya mimpi, pengen banget rasanya piknik ke Raja Ampat. Apalagi ditambah lihat postingan gini, jadi makin pengen. semoga bisa kecapai wisata kesana, amiin

Taufik Al Mubarak

Saya cukup sering mendengar tentang Raja Ampat, sebuah tempat yang kerap dikunjungi pesohor karena keindahannya yang menawan. Andai aku bisa ke sana, tentu sebuah kebahagiaan yang tidak terkira.

Salah satu wishlist saya beberapa tahun akhir, Raja Ampat. Pesonanya memang luar biasa, sering liat di Youtube, makanya tertarik ingin kesana. namun memang masih perlu effort untuk menyiapkan akomodasi.

Dengar-dengar biaya perjalanan ke Raja Ampat sangat menguras kantong, ya. Untungnya ada Traveloka jadi bisa berencana dulu.

Salah satu destinasi wisata yang belum tercapai 😭 pengen banget ke sana. Eh, ada traveloka ya

Annisa Khairiyyah Rahmi

Indah sekali Raja Ampat. Traveloka memang jadi teman sejati deh kalau udah urusan traveling dan booking tiket.

Uhuu…pengen banget ke Raja Ampat.
It’s like heaven on earth, kabarnya yaa..
Beneran serasa pulau pribadi dengan segudang aktivitas yang bisa dilakukan. Merencanakan liburan bersama teman hidup Traveloka ini looks great!
Jadi semakin bersemangat hunting transportasi dan akomodasi di apps Traveloka.

Wishlist banget mau ke raja ampat! Karena alamnya seindah itu. Apalagi sekarang tinggal pesan apa apa di Traveloka aja jadi lebih mudah. Semoga terlaksana yaa kak ke raja ampat 🙂

Wah, pgn bangedd ke Raja Ampat, semoga suata saat bisa kesana, thnx yuu infonya yaa kak. Penasaran banged ama papeda juga

Saya sependapat bahwa pariwisata di bagian timur masih banyak yg belum di jangkau. Selain di Papua, di Nusa Tenggara Timur pun demikian. Ada banyak tempat wisata baru yang tidak kalah indah. Thanks utk artikelnya.

Arief | parentspedia.com

Kereeen sangat Raja Ampat. Boleh nih ngadain tour blogger bersama Traveloka ke Raja Ampat. Hehe

13 Responses