Home / Taman

Game Pereda Nyeri dan Penghibur Diri, Mungkin Kok!

Senjahari.com - 24/05/2023

Hidden Object Castil solitaire.org

Penulis : Dinda Pranata

Tiap hari harus berusan sama rengekan bayi, asap berbau terasi dan bawang, juga pakaian kotor, kadang membawa rasa stres sendiri. Rasa stres yang melanda para ibu-ibu itu tak khayal berpengaruh pada kondisi seisi rumah. Mulai dari omelan yang nggak berhenti dengan rayuan suami, masalah sepele yang melebar sampai kemarahan pada anak yang sebenarnya butuh perhatian. Nah kalau sudah begitu waktunya ibu cari penghilang stres dengan me time.

Me time ini nggak harus mahal, salah satunya bisa dengan melakukan hobi. Apa sih manfaat me time?

Hobi Pereda Nyeri, Penghibur Diri

Ketika mencari manfaat me time, kita akan mendapatkan banyak sekali informasi yang serupa. Mulai dari manfaatnya untuk kesehatan mental, membangun kecerdasan emosional, mengembangkan empati dan komunikasi. Tidak hanya memberi manfaat kepada diri sendiri, namun juga kegiatan me time ini membantu kita berinteraksi dengan orang lain secara lebih baik.

Selain mampu menjadi jembatan antar hubungan manusia, kegiatan me time ternyata bisa membuat kita sehat secara fisik. Lha kok bisa?

Pernah dengar istilah psychosomatic disorder nggak? mungkin bagi banyak orang istilah gangguan psychosomatic disorder kurang akrab di telinga. Psychosomatic disorder itu adalah suatu masalah kesehatan fisik yang penyebabnya justru datang dari masalah psikologis.

Baca juga: Stay Positif With Marcus Aurelius - Damai Di Segala Hubungan

Misalkan nih, saat kamu merasakan jantungmu berdebar nggak beraturan yang menyebabkan dadamu sesak. Lalu kamu memeriksakan diri mulai dari rontgen, rekam jantung hingga ke dokter penyakit dalam yang ternyata menurut medical check up, jantungmu ini sehat dan tidak ada malasah. Kamu lantas heran mengapa kondisi jantungmu seolah tidak normal.

Dari contoh di atas, bisa jadi disebabkan karena adanya masalah psikologis yang membuat fisikmu ikut kesakitan. Kondisi inilah yang kita sebut sebagai psychosomatic disorder.

Sebagai pencegahan masalah fisik yang disebabkan karena masalah mental, maka kita perlu mengelola stres dengan baik. Contohnya dengan melakukan hobi yang kita sukai. Salah satunya bermain game online.

Aku sendiri sebagai ibu rumah tangga, saat merasa stuck dengan kegiatan sehari-hari, biasanya juga mengalihkan kegiatan dengan bermain game online. Apa nggak ribet?

Bermain Online Tanpa Install

Garden Hidden Object solitaire.org
Tema: Garden Hidden Object

Tempat yang menjadi favoritku selama beberapa hari ini adalah solitaire.org, di situs ini kita bisa bermain game secara online tanpa perlu install di pc/laptop/android. Gamenya juga bervariasi mulai dari permainan kartu, mahjong, mencocokkan gambar/obyek, permainan otak (sudoku, catur) bahkan yang paling jadi kegemaranku sejak SMA yaitu hidden object.

Baca juga: Kucing Bernama Dickens: Kisah Peliharaan dan Proses Penyembuhan

Hidden object di situs ini cukup bervariasi meski nggak terlalu banyak. Ada yang di kastil, wilayah cina, kebun bunga sampai dengan latar putri raja pun ada. Grafisnya juga tidak terlalu besar sehingga nggak berat buat kita mainkan dan cukup bersahabat dengan bandwidth. Bahkan ketika kita memainkan di PC, Laptop atau di Hp sekalipun.

Levelnya juga nggak terlalu banyak, tapi cukup menantang untuk dimainkan. Karena beberapa hari lalu aku hippie banget sama hidden object, jadinya feels geregetan aja pas waktunya sudah mepet tapi pencarian masih banyak. Tiap level permainan menawarkan pencarian obyek yang berbeda dan tingkat kesulitannya semakin meningkat, dengan perhitungan waktu yang sama tapi obyeknya banyak atau waktu lebih singkat obyeknya sulit ketemu.

Cara mainnya gimana sih?

  1. Buka laman web www.solitaire.org
  2. Pilih mainan yang akan kamu mainkan pada bagian menunya.
  3. Di bagian bawah ada panduan untuk memainkan permainan tersebut, misalkan bagaimana memperbesar atau memperkecil gambar. Meng-undo permainan saat kamu melakukan gerakan yang tidak diinginkan (pada permainan kartu) dan lainnya.
  4. Mainkan permainan yang paling kamu gemari.
  5. Have fun to do it!

Lalu gimana kesan selama main di solitaire.org selama beberapa hari ini?

Review solitaire.org versi Senja Hari

Penggunaan Bandwidth
Penggunaan Bandwidth

Selama beberapa hari ini ada suka dan duka, saat bermain game ini di laptop atau di HP. Sukanya sudah aku sampaikan di atas gimana asiknya. Mulai dari game-nya yang ramah sama RAM laptop/pc/hp. Kedua game-nya juga ramah sama hard disk, karena nggak perlu install. Yang ketiga nih, permainannya juga nggak ngabisin bandwidth internet, karena grafisnya yang statis atau nggak pakai grafis animated yang besar.

Baca juga: Berdamai Dengan Mental Dan Mata Saat Pandemi Bersama Asus Vivobook Ultra 15 Oled.

Lalu enaknya lagi, kita nggak perlu sign up atau daftar dulu jadi member kalau mau main. Cukup buka link-nya dan kita bisa langsung milih permainan. Setelah itu, metode saving level yang udah nggak ribet meski tanpa daftar. Saat misal kita sudah menyelesaikan level satu, pada level setelahnya tiba-tiba mati lampu dan laptop mata, level yang sudah kita selesaikan sudah otomatis tersimpan. Jadi nggak khawatir bakal ngulang pada level satu lagi.

Tapi meski ada suka, juga ada dukanya pas main game ini. Apa ya dukanya pas main ini?

  1. Meski game-nya enak dan ramah laptop atau HP. Aku lebih suka main di HP daripada di laptop. Interaksi HP yang lebih enak dalam clicking object daripada di laptop. Kalau aku main di Laptop/PC masih nyaman kalau menggunakan mouse/tetikus. Ya, beda lagi kalau laptop atau PC-nya sudah terdukung dengan touch screen.
  2. Game-nya masih kurang variatif atau monoton. Misalkan saja game hidden object atau permainan kartu ini diberi setuhan cerita, entah teka-teki untuk membuka level yang masih terkunci pasti lebih menarik lagi. Aku rasa tidak perlu membuat animasi tertentu pada game-nya karena kalau konsepnya untuk menghemat bandwidth atau RAM, cukup menggunakan grafis statis namun tetap ada alur cerita di dalamnya. Selain itu perlu adanya penambahan permainan semacam simulator game atau arcade, biar pemainnya juga lebih banyak.

Invitasi dan Diskusi

Masalah psikologis ternyata juga berpengaruh pada kondisi fisik seseorang. Makanya nggak heran banyak metode yang dianjurkan untuk mengurangi masalah psikis dengan mereduksi dan pengelolaan stress yang baik. Salah satunya ya dengan melakukan hobi untuk me time.

Bisa dengan nge-game, melukis, menyanyi, menulis atau sekedar minum kopi sambil baca buku. Bagus juga jika punya banyak hobi, sehingga saat tidak bisa menjalankan satu hobi bisa mencoba hobi yang lain. Nah, kalau yang hobi nge-game bisa mencoba game online di website supaya lebih portable dan nggak makan tempat di perangkat.

Ada nggak sih yang sudah nyoba website solitaire.org untuk main game? Gimana nih pendapatmu tentang laman itu? Bisa nih sharing pengalaman juga kok tentang kegiatan game online kamu, entah suka duka atau pengalaman uniknya selama nge-game di kolom komentar.

Kalau ada yang mau coba, bisa langsung meluncur di websiitenya kok. Akses gratis dan nggak perlu daftar. Selamat mencoba!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

*

Post comment

Comment

Dulu pernah main game Solitaire ini, selain pelepas penat bisa sekalian mengasah otak dan ketelitian. Coba deh nanti dikunjungi websitenya, siapa tau makin seru yaa desain permainannya.

Solitaire ini salah satu game favorit aku, tau pertama kali waktu SD, udah lama banget. Kalaudulu mainnya susah, karena belum paham, sekarang sudah tau rumusnya jadi menyenangkan buat dimainkan
apalagi sekarang bisa dimainkan secara online juga

Me time sambil main game itu seru menurutku. Kadang bisa mengatasi stress

3 Responses