Home / Brand Partner / Gerbang / Sponsored

Indonesia Travel dalam Batik Nusantara: Aceh Hingga Kalimantan

Senjahari.com - 16/11/2023

Indonesia Travel Batik Beungong Jeumpa

Penulis : Dinda Pranata

Siapa sih yang enggak kenal Batik? Semua orang Indonesia bahkan banyak warga dunia ini tahu sehelai kain asal Indonesia yang jadi ciri khas dan kebanggaan masyarakatnya. Faktanya kain batik ini enggak cuma terkenal di pulau Jawa saja, beberapa daerah mulai Sabang sampai Merauke punya motif dan warna sebagai respresentasi budaya masing-masing daerahnya.

Nah, dari sekian banyak corak batik, ada dua yang lagi naik daun dan hits banget di kalangan anak muda. Apa aja tuh?

Si Beungong Jeumpa dari Aceh

Beungong Jeumpa itu bahasa Acehnya bunga kantil, bunga kebanggaan orang Aceh yang wanginya semerbak kayak parfum mahal. Beungong Jeumpa memiliki bentuk yang cantik dan sesuai sama makna bunga yang artinya keindahan dan keharuman alam Aceh. Motif batik beungong jeumpa biasanya memiliki corak warna-warna cerah, seperti hijau, kuning, merah, merah muda, atau oranye.

Selain punya warna-warna cerah, motif batinya juga menampilkan gambar bunga yang besar dan mencolok. Setiap detail pada coraknya melalui proses yang hati-hati, mencerminkan dedikasi dan kecintaan para pengrajin batik Aceh terhadap budaya mereka.

Batik Bungong Jeumpa ini bisa kita padukan dengan celana hitam, putih atau warna tabrak sesuai dengan gaya busana kamu. Kamu jadi pusat perhatian di kampus atau kondangan si mantan!

Baca juga: Gender dari Biologis ke Sosiologis

Si Kangkung Kaombakan Asal Kalimantan

Indonesia Travel Batik Kangkung Kaomasan
Batik Kangkung Kaomasan (Image by Bing AI)

Selain ada motif batik Motif Kangkung Kaombakan dari Kalimantan. Iya kangkung, nggak salah baca kok. Motif batik ini terinspirasi dari tanaman kangkung yang tumbuh subur di Kalimantan. Ada yang heran enggak sih kenapa bisa kangkung?

Selain tanaman itu tumbuh subur di Kalimantan, ada alasan lain mengapa di Sulawesi menggunakan batik motif Kangkung. Ini terletak pada filosofinya bahwa kangkung melambangkan sikap rendah hati, kesederhanaan dan keteguhan. Motif kangkung kaombakan biasanya memiliki garis yang halus dan teratur, menciptakan harmoni antara bentuk, warna, dan makna. Meski memiliki motif yang cenderung sederhana, tapi kesan mewahnya bisa kamu dapatkan dari coraknya.

kamu bisa pakai corak ini untuk ke berbagai acara. Selain bisa kita jadikan baju, kain batik ini bisa dijadikan scraft yang pasti bisa menambah gaya kamu!

Indonesia Travel: Pemandu Anda dalam Eksplorasi Budaya Nusantara

Tak hanya alamnya yang indah, Indonesia juga kaya akan budaya, termasuk di dalamnya adalah batik. Untuk kamu yang tertarik untuk mengeksplorasi lebih dalam tentang kekayaan budaya Indonesia, Indonesia Travel menjadi pilihan situs yang tepat. Portal ini menyajikan informasi lengkap mengenai berbagai destinasi, budaya, dan kuliner di seluruh nusantara, termasuk tentunya tentang batik.

Melalui Indonesia Travel, kamu akan menemukan informasi mengenai pusat-pusat batik di berbagai daerah, mulai dari proses pembuatan, filosofi di balik setiap motif, hingga rekomendasi tempat membeli batik asli yang berkualitas. Semua informasi tersebut disajikan secara lengkap dan mudah diakses, yang memudahkanmu untuk merencanakan kunjungan.

Baca juga: Upacara Kedewasaan Di Bali dan Di Jepang yang Berbeda Tujuan

Invitasi dan Diskusi

Indonesia, sebuah negara yang begitu kaya dengan keanekaragaman budayanya. Setiap daerah memiliki cerita, tradisi, dan keunikan tersendiri. Batik adalah salah satu contohnya. Dibalik setiap helai kain dan setiap tetesan malam, tersimpan cerita dan sejarah yang mendalam.

Sebagai penutup, mari kita terus jelajahi dan hargai kekayaan Indonesia. Untuk memulai petualangan Anda dalam mengeksplorasi budaya nusantara, kunjungi indonesia.travel. Temukan informasi terlengkap tentang pariwisata, budaya, dan kuliner Indonesia. Mari kita bersama-sama mempromosikan dan menjaga kekayaan yang dimiliki oleh tanah air kita!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

*

Post comment

Comment

Memang Indonesia benar2 kaya akan keragaman budaya ya.. batik hanyalah salah satunya.. Terima kasih sharing nya ya..

Saya salfok sama gambar AI-nya. Keren ih 😍 Batiknya juga cakep dan cocok di gambar.

Gambar AInya keren mba..nah aku baru tahu kalau bengong jumpa itu ternyata bunga kantin. Kalau di Jawa bunga kantin sering dipakai untuk nyekar ke makam atau persembahan jadi ada kesan mistisnya

Batik adalah salah satu kekayaan budaya Indonesia yang sangat indah dan penuh makna. Yuk, kita jaga dan lestarikan batik agar tetap menjadi warisan budaya yang berharga bagi bangsa kita!

4 Responses