Home / Brand Partner / Sponsored

Jantungmu Bukan Hanya Milikmu, Apa Benar Gitu?

Senjahari.com - 17/02/2024

Penyakit Jantung dan Gejalanya

Penulis : Dinda Pranata

Jantung adalah salah satu organ terpenting dalam tubuh manusia. Apa pernah kalian dengar ada manusia yang bisa hidup tanpa jantung? Aku rasa hampir mustahil ya. Jika jantung adalah organ yang paling penting, tentu kita perlu menjaga kesehatan dari jantung ini dong.

Sudah banyak sekali kasus-kasus kematian mendadak yang kita dengar di media akibat penyakit jantung ini. Salah satunya adalah kasus kematian Ashraf Sinclair yang notabene adalah mantan suami dari BCL. Kematian dari Ashsakitraf yang mendadak ini tentu mengejutkan banyak orang termasuk keluarganya.

Sebelum kita bicara, kenapa jantungmu bukan hanya milikmu? Kita kenalan dulu sama beberapa penyakit jantung dan gejalanya.

Penyakit Jantung Juga Punya Nama

  • Penyakit Jantung Koroner (PJK)

PJK itu penyakit jantung yang paling umum. Penyebabnya adalah pembuluh darah yang bawa darah ke jantung tersumbat atau menyempit. Biasanya, orang yang kena PJK akan merasakan nyeri dada, sesak napas, atau nyeri di lengan kiri atau punggung.

  • Serangan Jantung (Infark Miokard)

Serangan jantung adalah penyakit yang paling berbahaya. Penyebabnya adalah aliran darah ke jantung terputus, sehingga otot jantung rusak. Gejalanya adalah nyeri dada yang luar biasa, sesak napas, mual, dan muntah.

Baca juga: Peringatan Kemerdekaan RI: Sudahkah Merdeka dari Sampah Plastik?

  • Aritmia

Aritmia itu penyakit jantung yang bikin jantung berdebar tak beraturan. Penyebabnya adalah gangguan listrik di jantung, sehingga jantung berdetak terlalu cepat, terlalu lambat, atau enggak teratur. Gejalanya adalah denyut jantung yang aneh, pusing, atau pingsan.

  • Gagal Jantung

Gagal jantung adalah kondisi penyakit yang bikin jantung kita lemah. Penyebabnya adalah jantung nggak bisa memompa darah dengan baik ke seluruh tubuh. Gejalanya adalah kelelahan, sesak napas, bengkak di kaki dan pergelangan kaki, dan naik berat badan tanpa sebab.

  • Penyakit Jantung Bawaan

Penyakit jantung bawaan itu penyakit jantung yang sudah ada sejak kita lahir. Penyebabnya adalah kelainan bentuk atau fungsi jantung. Gejalanya tergantung dari jenis kelainan jantung yang dimiliki, tapi bisa saja kulit kita jadi biru, susah napas, atau tubuh kita enggak berkembang.

Jantung Memang Milikmu, Tapi ….

Penyakit Jantung dan Gaya Hidup
Gaya Hidup Tak Sehat

Jantungmu memang milikmu, tapi jika kamu kehilangan fungsi organ itu orang sekitarmu akan ikut merasakannya. Kita ambil saja contoh kasus kematian dari orang-orang dengan penyakit ini. Mereka yang meninggal mendadak atau harus dirawat di rumah sakit karena kondisi sakit ini, harus meninggalkan banyak orang yang menyayangi dan bergantung pada mereka. Baik itu anak, istri, kakak, adik dan semuanya.

Kita bisa lihat pada kasus Ashraf Sinclair yang meninggal karena sakit jantung mendadak, menyisakah duka pada istrinya dan anaknya yang amat menyayanginya. Padahal Ashraf yang dikenal rajin berolahraga, bisa mengalami serangan jantung. Apalagi orang yang sama sekali tidak peduli pada kesehatan dan tidak pernah menerapkan gaya hidup sehat.

Baca juga: Wabah Justinian - Wabah Misterius Yang Menyeramkan. Apa Itu ?

Sebelum sakit jantung atau sakit yang lain menghampiri, cobalah menerapkan gaya hidup sehat. Kita bisa melakukannya dengan berolahraga, konsumsi makanan sehat, minum air putih yang cukup, hindari rokok, dan rajin untuk melakukan check up rutin minimal satu atau dua tahun sekali.

Ah check up tiap dua tahun? pemborosan ih?

Kalau berfikir bahwa check up rutin setahun atau dua tahun itu pemborosan, bukankah akan lebih boros jika sudah mengalami sakit yang tidak diinginkan? Biaya berobat akan lebih mahal daripada tindakan preventif yang kita lakukan. Investasikan danamu untuk kesehatan dan orang-orang yang kita sayangi.

Invitasi dan Diskusi

Gejala penyakit jantung memiliki karakteristik yang berbeda pada tiap jenisnya. Dan, beberapa gejalanya juga mirip dengan penyakit ringan seperti rasa nyeri di punggung yang mirip dengan kelelahan, atau penyakit lain yang memiliki gejala serupa. Ketika kamu atau kita merasakan lebih dari satu gejala di atas, jangan buru-buru self-diagnose. Pergilah ke dokter, tanyakan keluhanmu dan dapatkan jawaban yang tepat dari ahlinya.

Salah penanganan akibat self-diagnose bisa berakibat fatal pada nyawamu.

Apa kamu punya pengalaman seputar menemani saudara/keluarga yang mengalami penyakit jantung? Atau kamu seorang penyitas dari penyakit ini? Bisa kok berbagi di kolom komentar. Siapa tahu apa yang kamu bagikan bermanfaat bagi pembaca.

Eits, ingat untuk selalu meninggalkan komen yang bijak agar jejak digitalmu tetap bersih.

Happy Saturday!


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

*

Post comment