TanyaKenapa

Tanya Kenapa-Susu Sapi Berwarna Putih?

https://api.soundcloud.com/tracks/853726591

Minum susu bisa bikin kamu jadi sehat dan karenanya susu menjadi menu empat sehat lima sempurna. Selain itu susu merupakan produk kesehatan yang sangat penting bagi pertumbuhan anak-anak hingga orang dewasa. Tapi kalau bicara soal susu ada yang pernah,Tanya Kenapa warna asli susu sapi berwarna putih atau putih gading? Apakah benar tidak ada susu yang berwarna asli selain putih gading?

Ada Hubungannya Dengan Gelombang Cahaya.

Susu memiliki partikel-partikel kecil yang tidak menyerap cahaya melainkan partikel itu menyebarkannya ke mata kita. Partikel-partikel ini ada dua jenis yaitu partikel kecil terdiri dari protein yang terikat bersama dengan ion kalsium dan fosfat. Ukurannya kira-kira sepersepuluh mikron dan partikel dari gumpalan lemak yang lebih besar yang berukuran 1-5 mikron. Partikel yang lebih besar menyebarkan cahaya secara lebih efektif daripada partikel yang kecil. Semakin banyak partikel yang ada dalam perjalanan cahaya melalui segelas susu, semakin banyak hamburan yang ditangkap mata.

Bentuk susu terdiri dari sekitar 87% cairan dan 13% padatan. Susu memiliki kandungan senyawa laktosa sebanyak 5%, lemak sebanyak 3,7%, dan protein 3,5%. Dalam protein terdapat senyawa kasein yang kaya akan kandungan kalsium yang baik untuk pertumbuhan tulang. Kombinasi dari kasein dan lemak tertentu dapat memperngaruhi warna yang ada pada susu sapi. Meskipun ada senyawa yang memiliki warna lain dalam susu, mereka tidak hadir dalam konsentrasi yang cukup tinggi sehingga penyerapan warna dalam susu tidak terjadi. Kasein ini lah yang membuat warna susu menjadi putih.

Efek Makanan Dari Si Sapi!

Susu juga memiliki warna gading atau putih yang sedikit kekuningan karena adanya vitamin riboflavin dalam susu. Ternyata pola makan sapi mempengaruhi warna susu dan juga kesehatan dari si sapi lho! Sapi yang digembalakan atau dirawat dengan pola makan tertentu menghasilkan susu dengan warna yang berbeda contohnya sapi yang memakan wortel atau labu akan menghasilkan susu yang berwarna putih kekuningan.Susu pun tidak hanya murni berwwarna putih bersih, ada susu yang berwarna putih kekuningan atau warna putih dengan bias kebiruan yang biasa ditemukan dalam produk susu rendah lemak.

Baca juga: Tanya Kenapa-Kalau Wisuda Pakai Toga. Ternyata Ini Rahasianya!

Selain itu, ada produsen susu yang mengembangkan produk susu sesuai dengan permintaan pasar. Seperti produsen susu yang menginginkan produk susu yang rendah lemak biasanya menggembalakan atau merawat sapinya dengan pola diet tertentu dan menghindari si sapi ini dari stress agar lebih sehat dan menghasilkan susu yang terbaik.

Jadi, warna putih pada susu pada dasarnya adalah warna alami yang dihasilkan dari gelombang cahaya dan faktor makanan serta faktor internal dari si sapi. Adakah dari kalian yang sudah tahu tentang hal ini?

Source:
sciencedirect.com
livescience.com
thoughtco.com