Home / Koridor

Hari Kemerdekaan Argentina Atas Spanyol. Ini Kisahnya!

Senjahari.com - 09/07/2020

Hari Kemerdekaan Argentina

Penulis : Dinda Pranata

Negara Argentina terkenal dengan tim sepak bolanya yang kuat sama seperti Brazil atau Spanyol. Selain tim sepak bolanya, Argentina juga memiliki pemimpin wanita yang disegani dalam sejarah yaitu Evia Peron dimana ia menjadi inspirasi lagu don’t cry for me Argentina. Tepat pada tanggal 9 Juli ini menjadi peringatan hari kemerdekaan Argentina atas Spanyol yang terjadi pada tahun 1816. Bagaimana Kamis History menceritakan perjalanan kemerdekaannya?

Keruntuhan Spanyol Yang Diambil Alih.

Pemerintah Spanyol menjajah Argentina sudah 2 abad lamanya . Argentina memulsi perrgerakan kemerdekaan pada tahun 1806. Pada tahun itu, Inggris datang ke Buenos Aires yang kemudian penduduk lokal menghalau dengan sedikit bantuan dari Spanyol. Pada saat usaha penyerangan kepada Inggris, raja muda yang memerintah di Argentina justru melarikan diri sehingga penyerangan itu hanya dilakukan oleh milisi yang dipimpin oleh Santiago de Liniers. Liners kemudian menjadi pemimpin sementara selama 3 tahun sebelum adanya pemerintahan yang sah.

Pada tahun 1808 Spanyol mengalami krisis yang mana Prancis mulai berusaha menduduki wilayahnya sekaligus ingin menggulingkan pemerintahan Ferdinan VII yang menjadi raja saat itu. Akhirnya Spanyol berhasil digulingkan dan kekuasaan raja jatuh pada adik Napoleon yang bernama Joseph Bonaparte. Kondisi ini yang kemudian membuat banyak wilayah yang menjadi jajahan negara Spanyol mengambil keuntungan dengan menjalankan deklarasi kemerdekaannya.

Alasan Cerdik Untuk Merdeka!

Dengan tidak adanya kekuatan orang-orang Spanyol di negara jajahannya, maka Argentina yang menjadi pelopor pergerakan pertama mengambil langkah untuk mencapai kemerdekaan. Dengan penggulingan raja Ferdinan VII, Argentina menjalankan pemerintahannya dengan mengandalkan pemerintahan daerah sementara pemerintah pusat masih dalam keadaan vacum.

Argentina mengambil langkah dengan mengumpulkan orang-orang pada tanggal 25 Mei 1810 dengan membentuk dewan daerah atas nama raja Ferdinan VII. Hal ini menjadi alasan yang kuat untuk menyerang prancis yang menduduki Buenos Aires saat itu. Pada tahun-tahun awal langkah ini banyak peperangan dengan pihak lawan (prancis) baik di Argentina, Peru dan negara jajahan lain. Namun pada tahun 1814 Raja Ferdinan VII berhasil mengembalikan tahtanya sehingga perlu memberikan reaksi terhadap situasi politik di beberapa wilayah jajahannya.

Pada tanggal 9 Juli 1816 Kongres dan raja Ferdinan VII bertemu di San Miguel de Tucuman untuk membahas proklamasi kemerdekaan. Proklamasi kemerdekaan Argentina tersebut dengan nama United Provinces of the Rรญo de la Plata atau negara gabungan Amerika Selatan. Proklamasi tersebut memberikan hak kepada Argentina untuk menjalankan negara dengan konstitusi nasionalnya.

Jadi negara Argentina sudah mendapatkan kemerdekaannya lebih dari 2 abad yang lalu. Apakah dari kalian ada yang sudah mengetahui hal ini?

Source:
historyworld.net
britannica.com
officeholidays.com
theculturetrip.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

*

Post comment