Home / Pojokan

Pojok Literasi-William Shakespeare Menyumbangkan 1,700 Kata Dalam Kamus Bahasa Inggris ? Ini Masih Menjadi Misteri.

Senjahari.com - 13/04/2018

Willia,m Shakespeare Words

Penulis : Dinda Pranata

Siapa yang tidak kenal William Shakespeare yang terkenal dengan kisah tragedinya Romeo and Juliet. Kisah yang menjadj romansa abadi sepanjang masa. Selain itu, Shakespeare juga menulis cerita dan skenario untuk dramanya seperti hamlet, the merchat of  venice dan lainnya. Dari semua karyanya, ia menyumbangkan sebanyak 1,700 kata bahasa inggris yang kita pakai saat ini.

William Shakespeare

Seorang William Shakespeare lahir di  Stratford-upon-Avon dan dibaptis tanggal 26 April 1564. Selama masih kecil Shakespeare mendapat pendidikan yang baik, dan rata-rata anak laki-laki di sana mendapatkan pendidikan berupa membaca, menulis dan berbicara dalam bahasa latin. Ayahnya, John Shakespeare seorang dewan kota dan ibunya Mary Arden seorang bangsawan. Sejak kecil ia sudah mendapatkan pendidikan yang baik walau tidak melanjutkan ke universitas.

idak ada yang tahu pasti kapan William Shakespeare mulai menulis. Hanya sebuah dokumentasi dari catatan drama di London tahun 1592 menyebutkan beberapa dramanya dan kemudian ia diserang oleh sesama dramawan Rpbert Greene di media masa melalui sarkasmenya. Seperti yang dikutip dari britanica.com

The first reference to Shakespeare in the literary world of London comes in 1592, when a fellow dramatist, Robert Greene, declared in a pamphlet written on his deathbed:

There is an upstart crow, beautified with our feathers, that with his Tygers heart wrapt in a Players hide supposes he is as well able to bombast out a blank verse as the best of you; and, being an absolute Johannes Factotum, is in his own conceit the only Shake-scene in a country.

Tidak bisa dipastikan arti dan maksud dari sarkasme ini, namun bisa dilihat bahwa objek dari sarkasme merujuk pada William Shakespeare.

Menurut Oxford English Dictionary kata-kata yang kamus itu diambil dari kata-kata dari karya sastranya. Contoh kata-kata yang diambil oelh kamus antara lain unreal, accommodation, aerial, amazement, apostrophe, assassination, auspicious, baseless, bedroom, bloody, bump, castigate, changeful, clangor, control (noun), countless, courtship, critic, critical, dexterously, dishearten, dislocate, dwindle, eventful, exposure, fitful, frugal, generous, gloomy, gnarled, hurry, impartial, inauspicious, indistinguishable, invulnerable, lapse, laughable, lonely, majestic, misplaced, monumental, multitudinous, obscene, palmy, perusal, pious, premeditated, puking, radiance, reliance, road, sanctimonious, seamy, sportive, submerge, suspicious, dan masih banyak lagi.

Namun, pernyataan tersebut masih menjadi misteri. Apakah semua kata-kata tersebut ia sendiri yang menemukannya, ataukah ia mengadaptasi dari kata yang sudah ada dalam bahasa latin kemudian ia terjemahkan menjadi kata tersebut. Pernyataan ini sepat dikatakan oleh Frases McAlphine dalam bbcamerica.com

We already know that the poorer theater-goers had to watch the plays standing up, and that they are very long. Much is made nowadays of trying to make Shakespeare relevant to a younger audience, so they don’t get bored or hostile, but spare a thought for the hapless Elizabethan, standing ankle-deep in mud, with drizzle coming from on high, for hours on end, having to pick their way through a three-hour presentation, when at least 18 minutes of it would be in a completely unknown language. These can’t have been superhumanly patient people, and the only way to keep up with what is going on would have been to pay close attention and infer meaning from the context of each new word as it comes up.

Banyak asumsi yang diberikan bahwa pada masa Elizabetan para penduduk tidak memiliki pendidikan yang mencukupi sehingga mereka merasa bahasa yang digunakan oleh Shakespeare merupakan bahasa baru yang tidak bisa dimengerti.

Apakah benar William Shakespeare menyumbangkan 1,700 kata bahasa inggris di kamus Oxford ? Hal ini masih menjadi misteri yang dicari kebenarannya oleh ahli sastra hingga sejarawan. Kalian akan percaya yang mana ?

Source :

https://www.history.com/news/history-lists/10-things-you-didnt-know-about-william-shakespeare

huffingtonpost.com/2014/01/14/shakespeare-words_n_4590819.html

Baca juga: Resensi Paris Bloody History-Masa Lalu Kota Paris

https://curiosity.com/topics/the-words-of-shakespeare/

http://www.bbcamerica.com/anglophenia/2013/01/how-did-anyone-understand-shakespeare-at-the-time

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

*

Post comment